Berikut Beberapa Dampak Kekurangan Vitamin D pada Tubuh

Berikut Beberapa Dampak Kekurangan Vitamin D pada Tubuh
Ilustrasi (Kompas.com : Google)
Editor: Epenz Teras Health —Rabu, 31 Mei 2023 15:12 WIB

Terasjabar.id -- Vitamin D adalah salah satu jenis nutrisi yang cukup penting bagi tubuh, karena vitamin ini berperan untuk mendukung fungsi tubuh. Oleh karena itu, jika tubuh Anda kekurangan vitamin D cukup parah, hal tersebut dapat menyebabkan timbulnya beberapa masalah kesehatan pada tubuh.

Dilansir dari klikdokter.com berikut adalah 4 gejala yang dapat muncul akibat kekurangan vitamin D.


1. Gelisah

Gelisah atau kecemasan dapat menjadi salah satu indikasi bahwa seseorang kekurangan vitamin D. Dalam sebuah penelitian, didapatkan hasil bahwa seseorang yang sering merasa gelisah atau cemas memiliki calcidol yang yang cukup rendah. Calcidol sendiri merupakan salah satu bentuk vitamin D.

Tak hanya itu saja, vitamin D juga mampu mengurangi kecemasan dan depresi postpartum, serta meningkatkan kualitas tidur pada ibu hamil.

2. Menyebabkan infeksi saluran pernapasan

Diketahui bahwa kekurangan vitamin D dapat menyebabkan seseorang mengalami infeksi saluran pernapasan. Hal tersebut didasarkan pada sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa seseorang dengan kadar vitamin D yang rendah rentan terkena infeksi saluran pernapasan akut (ISPA).

Hal tersebut dapat terjadi karena vitamin D menjadi salah satu nutrisi penting yang berperan dalam mendukung sistem kekebalan tubuh.

3. Menyebabkan rambut rontok

Masalah selanjutnya yang dapat muncul karena kekurangan vitamin D adalah menyebabkan kerontokan pada rambut. Para ahli meyakini bahwa kondisi tersebut dapat terjadi karena vitamin D memiliki pengaruh terhadap kesehatan rambut.

Tak hanya itu, rendahnya kadar vitamin D dalam tubuh juga memiliki kaitan erat dengan penyakit autoimun yang ditandai dengan kerontokan rambut. Meski demikian, masih diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai pengaruh kadar vitamin D dalam tubuh dengan rambut rontok.

4. Menghambat proses penyembuhan luka

Diketahui bahwa vitamin D bermanfaat untuk membantu proses produksi komponen-komponen yang diperlukan tubuh untuk membentuk kulit baru sebagai proses penyembuhan luka.

Artinya, jika kadar vitamin D di dalam tubuh terlalu rendah, maka proses penyembuhan luka akan berlangsung lebih lama.

Nah, itulah 4 dampak buruk yang dapat terjadi akibat rendahnya kadar vitamin D di dalam tubuh, semoga bermanfaat.

Disadur dari Yoursay.id 

Vitamin D Kekurangan Kesehatan


Loading...