Berikut Beberapa Makanan yang Berkhasiat untuk Melancarkan Siklus Haid

Berikut Beberapa Makanan yang Berkhasiat untuk Melancarkan Siklus Haid
Buah Pepaya (Jabar Ekspres : Google)
Editor: Epenz Teras Health —Rabu, 31 Mei 2023 14:59 WIB

Terasjabar.id -- Kondisi yang kerap kali dikeluhkan oleh wanita ialah siklus haid yang tidak teratur atau tidak lancar. Pada kondisi normal, siklus haid terjadi pada 21 hingga 35 hari. Namun tak sedikit juga wanita yang mengalami siklus menstruasi yang tidak lancar hingga telat. 

Beberapa faktor yang menjadi penyebab tidak lancarnya siklus haid seperti stres, gaya hidup, penggunaan KB atau kondisi tertentu. Namun, untuk mengatasi haid yang tidak lancar bisa dengan mengonsumsi makanan berikut ini. Pasalnya makanan berikut memiliki khasiat yang membantu kamu untuk mengatasi keluhan tidak lancar siklus haid seperti yang dilansir dari alodokter

1. Nanas

Mengonsumsi buah nanas rupanya bisa memengaruhi siklus haid kamu. Kandungan enzim bromelain yang terdapat pada nanas mampu melancarkan aliran darah serta memicu peluruhan dinding uterus agar terjadi menstruasi. 

Meski membutuhkan penelitian lebih lanjut namun tak ada salahnya untuk dikonsumsi karena selain rasanya yang segar, nanas juga memiliki nutisi yang baik untuk tubuh. 

2. Pepaya

Makanan selanjutnya yaitu pepaya. Pepaya diketahui memiliki kandungan karoten yang tinggi dan dinilai bisa meningkatkan kadar hormon estrogen pada tubuh dan bisa membantu rahim berkontraksi agar mendorong terjadinya menstruasi. 

Pepaya juga menjadi buah yang kaya akan serat. Sehingga cocok untuk menyehatkan pencernaan. Beberapa wanita kerap kali mengalami sembelit saat mentruasi, nah mengonsumsi buah pepaya bisa menjadi obat alami untuk mengatasinya. 

3. Sayuran

Sayuran memang sangat penting dan diperlukan oleh tubuh. Bagi kamu yang mengalami keluhan siklus haid tidak teratur sangat penting untuk mencukupi kebutuhan folat setiap hari. Folat mendukung proses ovulasi dan meningkatkan kadar hormon reproduksi yang nantinya berperan pada kesuburan dan siklus haid menjadi lancar. 

Sayuran yang bisa dikonsumsi seperti kangkung, brokoli serta sawi. Pasalnya sayuran tersebut memiliki kandungan folat yang cukup tinggi.

4. Ikan

Ikan berperan untuk mencukupi kebutuhan lemak sehat. Ikan seperti teri, ikan salmon dan juga ikan sarden mampu mendukung fungsi hormon serta pelepasan sel telur. 

Selain itu mengonsumsi semua jenis ikan tadi mampu melengkapi kebutuhan vitamin pada tubuh. Perlu diperhatikan kekurangan vitamin D juga menjadi salah satu faktor haid tidak teratur.

Itulah beberapa makanan yang berkhasiat untuk memperlancar siklus haid. Selain makanan tersebut memiliki nutrisi yang baik untuk tubuh, rasanya pun tak kalah lezat untuk disantap. 



Disadur dari Yoursay.id 

Siklus Haid Buah. Makanan


Loading...