Berikut Beberapa Manfaat Susu Jahe bagi Kesehatan, Bisa Meningkatkan daya tahan tubuh

Berikut Beberapa Manfaat Susu Jahe bagi Kesehatan, Bisa Meningkatkan daya tahan tubuh
Ilustrasi (Tribunnewswiki : Google)
Editor: Epenz Hot News —Rabu, 31 Mei 2023 13:04 WIB

Terasjabar.id -- Susu jahe adalah minuman yang cocok dikonsumsi saat malam hari atau pada saat hujan. Hal tersebut dikarenakan susu jahe memiliki efek untuk menghangatkan tubuh. Selain itu, minuman ini rasanya juga nikmat, sehingga susu jahe cukup populer di Indonesia.

Namun tak hanya sebatas itu saja, minuman ini juga memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh. Mau tahu apa saja manfaatnya bagi kesehatan? Mari simak selengkapnya di bawah ini sebagaimana dilansir dari sehatq.com.

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Jahe mengandung senyawa antiradang dan antioksidan yang berperan penting dalam menunjang sistem kekebalan tubuh. Sementara itu, susu mengandung vitamin A, vitamin D, protein, selenium, dan zinc. Beragam bermanfaat untuk mendukung sistem kekebalan tubuh.

Dengan begitu, perpaduan antara susu dan jahe membuat minuman ini sangat baik dikonsumsi guna meningkatkan daya tahan tubuh.

2. Membantu meredakan nyeri saat menstruasi

Menurut sebuah studi yang dimuat dalam Journal of Alternative and Complementary Medicine jahe mengandung antiradang yang berkhasiat untuk mengurangi rasa nyeri pada saat menstruasi.

Selain itu, kandungan kalsium dalam susu juga bermanfaat untuk mengontrol aktivitas saraf otot. Dengan demikian, keram saat menstruasi dapat dikurangi.


Meski begitu, ada baiknya untuk berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter jika Anda hendak mengkonsumsi olahan susu pada saat datang bulan. Hal ini dikarenakan susu mengandung lemak tak jenuh yang berpotensi menyebabkan peradangan dan memperparah nyeri saat menstruasi. 

3. Membantu melawan infeksi

Manfaat selanjutnya dari mengkonsumsi susu jahe yaitu dapat membantu melawan infeksi berkat adanya kandungan gingerol dan protein khusus. Gingerol adalah suatu zat yang terdapat pada jahe yang memiliki kemampuan untuk menghambat pertumbuhan berbagai macam jenis bakteri.

Sementara itu, susu mengandung cukup banyak protein dengan kualitas terbaik yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk melawan infeksi.

4. Meredakan sakit tenggorokan

Mengkonsumsi susu jahe hangat sebelum tidur diyakini mempunyai khasiat untuk meredakan sakit tenggorokan. Para ahli meyakini manfaat tersebut berasal dari adanya kandungan senyawa antiradang pada jahe.

Maka dari itu, jika Anda mengalami sakit tenggorokan, tak ada salahnya untuk mencoba minuman yang satu ini.

Nah, itulah 4 manfaat susu jahe bagi kesehatan, semoga bermanfaat.

Disadur dari Yoursay.id 

Sus Jahe Manfaat Kesehatan


Loading...