Kapan CPNS 2023 Dibuka ?? Simak Jadwal dan Syarat-syaratnya

Kapan CPNS 2023 Dibuka ?? Simak Jadwal dan Syarat-syaratnya
ilustrasi (Disway : Google)
Editor: Epenz Hot News —Selasa, 30 Mei 2023 15:31 WIB

Terasjabar.id - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) telah memberikan bocoran soal pembukaan pendaftaran seleksi CPNS 2023. MenPAN-RB Abdullah Azwar Anas telah mengumumkan bahwa seleksi CASN 2023 akan digelar pada tahun ini yang terdiri atas seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (PPPK).

Pada tahun 2023, formasi ASN 2023 akan berfokus kepada pemenuhan tenaga pendidikan, kesehatan, dan untuk talenta digital. Abdullah Azwar Anas juga menerangkan akan memfokuskan kepada pelayanan dasar, rekrutmen talenta digital, rekrutmen CASN secara selektif, dan mengurangi rekrutmen jabatan yang akan terdampak transformasi digital. 

Hingga saat ini, pemerintah tengah menganalisis jabatan yang terdampak maupun tidak oleh perkembangan digital. Sementara itu, proses pengumpulan data mengenai kebutuhan dan jenis jabatan aparatur sipil negara yang telah diajukan oleh instansi pemerintah pusat dan daerah.

Proses validasi formasi dan jabatan ini akan selesai dalam waktu dekat sehingga Kementerian PAN-RB akan mengumumkan waktu pembukaan rekrutmen CPNS dan PPPK dalam waktu dekat.


Jadwal Pendaftaran CPNS Menurut KemenPAN-RB

Rekrutmen CASN 2023 akan diumumkan pada Juni akhir atau paling lambat awal Juli 2023 mendatang. Masyarakat diminta untuk memantau informasi resmi melalui situs KemenPAN-RB dan Badan Kepegawaian Negara (BKN). Masyarakat dihimbau untuk selalu waspada terhadap informasi palsu yang berkaitan dengan CPNS dan PPPK. 

Syarat Mendaftar Seleksi CPNS 2023

Berdasarkan informasi dari situs SSCASN BKN, berikut ini persyaratan mendaftar seleksi CPNS

- WNI usia minimal 20 sampai 59 tahun

- Tidak dipidana penjara atau terlibat kriminalitas

- Tidak diberhentikan tidak hormat sebagai PNS, TNI, Polri

- Tidak pernah menjabat sebagai ASN, PNS, TNI, Polri dan siswa ikatan dinas

- Bukan merupakan pengurus partai politik

- Pendidikan sesuai formasi yang dilamar

- Merupakan lulusan PTN IPK minimal 2,75 dan PTS 3,00

- Memiliki sertifikat TOEFL, TOEIC, IELTS, untuk formasi tertentu

- Lulusan PTN dan prodi terakreditasi BAN-PT

- Bersedia untuk mengabdi dan tidak pindah sesuai waktu yang ditetapkan dalam sebuah posisi


Demikian ulasan singkat mengenai bocoran pembukaan rekrutmen CPNS yang akan dibuka pada tahun ini. Selalu pantau informasi resminya melalui laman resmi KemenPAN-RB dan BKN serta selalu waspada terhadap informasi palsu. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk kamu!

Disadur dari Suara.com 

KemenPAN-RB CPNS 2023 PPPK CASN BKN


Loading...