Berikut Beberapa Khasiat Gulma Siam bagi Kesehatan

Berikut Beberapa Khasiat Gulma Siam bagi Kesehatan
Ilustrasi (Wordpress.com : Google)
Editor: Epenz Hot News —Selasa, 30 Mei 2023 13:47 WIB

Terasjabar.id -- Gulma siam atau disebut juga kopasanda adalah sejenis tanaman liar dengan nama latin Chromolaena odorata. Meski hanya dianggap sebagai tanaman liar, gulma siam termasuk tanaman herbal karena mampu mengobati beberapa macam jenis penyakit.

Melansir dari hellosehat.com berikut adalah 5 ragam khasiat daun gulma siam bagi kesehatan.


1. Membantu meredakan sakit maag

Daun gulma siam sering dimanfaatkan untuk mengobati sakit maag. Manfaat ini diperoleh berkat adanya kandungan flavonoid dan terpenoid yang bersifat sebagai antioksidan dan antiradang.

Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa tanaman ini bersifat anti-ulkus, yaitu mampu mencegah dan mengobati luka pada jaringan, khususnya pada jaringan dinding lambung dan usus.

2. Membantu mengatasi leukemia

Disebutkan bahwa ekstrak tanaman gulma siam bersifat antiproliferasi terhadap sel leukemia tiruan. Hal ini berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa UIN Alauddin Makassar.

Sifat antiproliferasi tersebut dapat mencegah terjadinya pembelahan dan pertumbuhan sel kanker darah putih, sehingga penyakit leukemia tidak akan bertambah parah.

3. Membantu mengatasi diabetes melitus

Diketahui bahwa daun gulma siam berkhasiat untuk mengobati diabetes melitus. Daun ini mengandung antioksidan yang berguna untuk mengurangi stres oksidatif yang merupakan salah satu dampak dari penyakit diabetes melitus.

Meski demikian, masih diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai khasiat daun gulma siam yang satu ini.

4. Mengobati luka pada kulit

Manfaat selanjutnya dari daun gulma siam yaitu bisa dimanfaatkan untuk membantu mengobati luka pada kulit, seperti luka goresan, luka bakar, ruam, atau gigitan lintah. Tak hanya sebatas itu, daun ini juga dapat meningkatkan produksi kolagen pada kulit.

Cara untuk menggunakan daun ini sebagai obat luka pada kulit adalah dengan menghaluskan daun ini menjadi pasta, lalu menempelkannya pada pada bagian kulit yang terluka.

5. Manfaat lain

Tak hanya terbatas pada keempat poin di atas, masih ada beberapa manfaat daun gulma siam yang lainnya. Diantaranya adalah mengatasi sakit tenggorokan, mengobati malaria, mengatasi sakit kepala, dan mengatasi diare.

Meski demikian, masih diperukan penelitian lebih mendalam mengenai beragam manfaat daun gulma siam, karena masih terbatasnya studi yang ada saat ini.

Itulah 5 manfaat daun gulma siam bagi kesehatan, semoga bermanfaat.

Disadur dari Yoursay.id 

Gulma Siam Kesehatan Khasiat


Loading...