Berikut Beberapa Cara Mudah Mengatasi Rabun Jauh agar Tidak Semakin Parah

Berikut Beberapa Cara Mudah Mengatasi Rabun Jauh agar Tidak Semakin Parah
Ilustrasi (HonestDocs : Google)
Editor: Epenz Hot News —Sabtu, 27 Mei 2023 09:29 WIB

Terasjabar.id -- Mata minus atau rabun jauh adalah salah satu gangguan penglihatan yang mana penderitanya tidak dapat melihat objek jarak jauh. Jika tidak mendapatkan penanganan yang tepat, kondisi ini akan semakin memburuk seiring dengan berjalannya waktu.

Salah satu cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan kacamata minus. Selain itu, kamu juga bisa melakukan beberapa cara agar kondisi rabun jauh tidak semakin parah.

Berikut adalah 4 tips mengatasi mata minus agar tidak semakin parah, sebagaimana dirangkum dari klikdokter.com.

1. Perbanyak waktu di luar ruangan

Dengan semakin banyak menghabiskan waktu di luar ruangan, maka akan mengurangi keparahan pada mata minus. Perlu diketahui bahwa paparan ultraviolet dari sinar matahari berpotensi untuk mengubah struktur molekul sklera dan kornea.

2. Akar manis

Licorice atau akar manis adalah sejenis tanaman polong-polongan yang dipercaya memiliki khasiat untuk mengatasi mata minus. Manfaat ini berasal dari tingginya kandungan antioksidan pada akar manis. Pernyataan ini didasarkan pada sebuah studi Myopic Treatment Using Traditional Herbal Remidies.

Meski begitu, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan seberapa efektif akar manis dalam mengobati mata minus atau rabun jauh.

3. Mengkonsumsi makanan sehat

Menentukan jenis makanan yang dikonsumsi juga berpengaruh terhadap kesehatan mata, termasuk bagi seseorang yang terkena rabun jauh. Oleh karena itu, mereka disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C dan vitamin A. Diantaranya adalah sayuran hijau, wortel, keju, jeruk, anggur, dan lainnya.

Selain itu, konsumsi juga makanan yang mengandung lutenin yang banyak terdapat di dalam sayuran hijau. Kandungan ini akan membantu mata dalam menyaring blue light yang dapat merusak retina.

4. Menerapkan aturan 20-20-20

Untuk membantu meningkatkan fokus pandangan mata sekaligus mencegah mata buram, The American Academy of Ophthalmology mencetuskan aturan 20-20-20.

Maksud dari aturan tersebut adalah, pada saat seseorang menatap layar gadget selama 20 menit, diharuskan untuk istirahat selama 20 detik dengan cara melihat suatu objek berjarak 20 kaki (6m). Dengan disiplin dan konsisten menerapkan cara ini, maka ketegangan pada mata dapat dikurangi. Secara tidak langsung, akan membantu mengurangi mata minus menjadi lebih parah.

Itulah 4 tips mudah mengatasi rabun jauh agar tidak semakin parah, semoga bermanfaat.

Disadur dariYoursay.id 

Mata Rabun Mata Minus Mengatasi


Loading...