Jelajah Wisata Menuju Puncak Sempur

Jelajah Wisata Menuju Puncak Sempur
Catatan Perjalanan : H Wawan Hermawan Jr
Editor: Malda Yuk Piknik —Jumat, 26 Mei 2023 10:40 WIB

Terasjabar.id - Karawang | Mengunjungi obyek wisata alam di Puncak Sempur di Kabupaten Karawang, bagi Saya memiliki pengalaman dan kesan tersendiri. Puncak Sempur adalah salah satu destinasi wiisata alam yang banyak diminati para pengunjung menjelang week end atau hari libur. Lokasinya berada diluar Kota Karawang yang terkenal sebagai pusat industri. Jarak tempuh dari pusat kota sekitar 40 Kilometer dan bisa dijangkau kendaraan sekitar satu setengah jam. Pasalnya jalan masuk ke kawasan puncak Sempur ada penyempitan jalan, sehingga jika mobil berpapasan harus ekstra hati-hati. Bupati Karawang Cellica Nurachadiana punya mimpi besar, untuk memajukan wilayahnya. Selain sebagai kawasan industri terbesar, kelak puncak Sempur kabupaten Karawang menjadi daerah tujuan wisata andalan.

Saya merasa enjoy ketika mengikuti jelajah wisata ke Puncak Sempur bersama rombongan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat, PWI Jawa Barat dan Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI).

Gambar

Jelajah wisata ini sebagai puncak kegiatan dalam rangka Hari Pers Nasional 2023 se-Jawa Barat yang dipusatkan di Karawang baru-baru ini. Kawasan Puncak Sempur panoramanya memang cukup menyenangkan, tapi jalannya sangat ekstrim. Sepanjang perjalanan sangat menegangkan karena jalan menuju puncak Sempur boleh dibilang 100 persen full tanjakan. Bahkan sejumlah mobil terpaksa harus diganjal saat menanjak. Diperparah lagi jalan menuju Puncak Sempur sangat sempit alias kurang lebar, masalahnya bila mobil berpapasan harus pelan dan extra hati-hati. Terlebih bila di tikungan kendaraan pun harus pelan-pelan, untuk menghindari tergelincir ke pinggir kebun. Puncak ini juga sering disebut sebagai Wanawisata Puncak Sempur yang bermakna kawasan hutan lindung. Yang secara khusus dikelola dan dilestarikan untuk kepentingan pariwisata.

Wanawisata ini bahkan pernah dinominasikan sebagai Anugrah Pesona Indonesia dengan kategori dataran tertinggi dan terpopuler di Karawang. Obyek wisata tersebut berada diatas ketinggian 620 mdpl dimana pengunjung harus melewati jalanan menanjak sekitar satu setengah jam untuk sampai di Puncak Sempur.

Gambar

Namun semua perjalanan yang sulit dan melelahkan akan terbayar dengan panorama keindahan alam puncak yang begitu memukau. Anda bisa menghirup udara segar dan fresh yang berasal dari pepohonan dan perbukitan hijau sekitar.

Jika malam hari tiba, anda dapat menikmati citylight kota Karawang yang luar biasa memesona. Pastinya membuat kunjungan anda tak sia-sia dan ingin kembali berkunjung.

Menjadi obyek wisata alam membuat Puncak Sempur Karawang masih minim akan fasilitas pendukung wisata. Berikut beberapa fasilitas yang tersedia di wana wisata Puncak Sempur: Camping Area, Warung wisata, Toilet, Warung kopi, Spot foto instagramable. Liburan yang menyenangkan di Puncak Sempur bisa anda dapatkan dengan menikmati fasilitas pendukung wisata yang tersedia. Sementara pihak pengelola mengingatkan melalui spanduk, agar tidak membawa makanan dan minunan bila berkunjung ke Puncak Sempur. Disana sudah tersedia nasi liwet berikut lauk pauk dengan menu Sunda, minuman dingin es teh, juice dan bagi penikmat Kopi tersedia Kopi hideung khas Kopi Karawang.

*H Wawan Hermawan Jr

Jelajah Wisata Menuju Puncak Sempur Wisata Alam Kab Karawang IKWI PWI Pusat Jawa Barat


Loading...