Berikut Beberapa Manfaat Susu Almond untuk Kesehatan

Berikut Beberapa Manfaat Susu Almond untuk Kesehatan
Ilustrasi (Alodokter : Google)
Editor: Epenz Teras Health —Jumat, 26 Mei 2023 10:22 WIB

Terasjabar.id -- Mungkin sebagian orang lebih familiar dengan susu sapi daripada susu almond. Susu almond sendiri adalah jenis minuman bergizi yang terbuat dari kacang almond atau yang mempunyai nama latin Prunus amygdalus dan sudah terkenal sejak dulu. Untuk susu almond sendiri lebih banyak disukai karena mempunyai rasa yang ringan daripada susu nabati lainnya. 

Akan tetapi, demi alasan kesehatan sebaiknya memilih susu almond yang tidak mengandung tambahan gula atau pemanis. Apalagi sebagian besar dari produk susu almond ini diperkaya dengan vitamin, mineral dan protein. Kemudian, susu almond ini juga bisa digunakan sebagai pilihan lain dari susu sapi untuk kamu yang mungkin mengidap alergi protein sapi. 

Adanya kandungan nutrisi dalam susu almond ini bisa bergantung pada seberapa banyak almond yang digunakan, jumlah air tambahan dan apakah ada vitamin atau mineral tambahan di dalamnya. Secara alami, susu almond ini mempunyai banyak nutrisi seperti protein, kalsium dan vitamin E. Pasalnya, susu ini terbuat dari biji almond yang mana telah diolah dengan sejumlah vitamin dan mineral di dalamnya. Seperti dirangkum dari Halodoc, berikut ini adalah beberapa manfaat susu almond bagi kesehatan. 

1. Rendah kalori

Dalam kacang almond terkandung 50 persen lemak dan tinggi kalori, namun susu almond ini kalorinya rendah. Oleh karena itu, kamu bisa meminumnya dalam jumlah banyak tanpa takut mengalami berat badan bertambah. 

Para produsen susu almond biasanya akan menghancurkan kandungan kalorinya dengan air supaya kandungan lemaknya mirip dengan susu rendah lemak yakni sekitar 1 persen. 

Dalam satu cangkir susu almond ini hanya terdapat 39 kalori atau setengah dari jumlah kalori dari secangkir susu skim.

2. Tidak meningkatkan gula darah

Susu almond adalah susu bebas gula yang rendah karbohidrat hanya sekitar 2 persen, sedangkan susu sapi rendah lemak ini mengandung lebih banyak karbohidrat yakni 5 persen. Selain itu, susu almond lebih tinggi kandungan lemak dan proteinnya daripada karbohidratnya. 

Oleh karena itu, susu ini pun tidak akan menyebabkan lonjakan kadar gula darah, sehingga cocok bagi pengidap diabetes dan mereka yang melakukan diet rendah karbohidrat.

3. Dapat membuat tulang kuat

Susu adalah sumber kalsium, meskipun susu almond tidak mengandung kalsium. Akan tetapi, banyak produsen yang memperkaya susu almond dengan kalsium bagi mereka yang tidak mengonsumsi produk susu seperti vegan atau yang alergi dengan laktosa. 

Zat kalsium memang sangat penting dalam membangun dan memelihara tulang guna mencegah risiko osteoporosis.

4. Mencegah penyakit jantung

Dengan mengonsumsi kacang secara rutin, bisa membantu dalam mengurangi risiko penyakit jantung. Hal ini karena kacang mengandung lemak sehat seperti asam oleat yang ada dalam minyak susu almond dan bisa bermanfaat bagi lipid darah.

Adanya perubahan bermanfaat dalam profil lipid darah ini disebut bisa menurunkan risiko penyakit jantung. Walaupun sekitar 50 persen kalori dalam susu almond ini berasal dari lemak, produk ini umumnya rendah lemak dan tidak menimbulkan dampak yang signifikan pada profil lipid darah.

Selain itu, adanya kandungan vitamin E dan polifenol dalam susu almond ini juga mempunyai sifat antiradang dan antioksidan yang baik untuk kesehatan jantung.

Itulah tadi beberapa manfaat susu almond bagi kesehatan tubuh manusia. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. 

Disadur dari Yoursay.id

Susu Almond Manfaat Kesehatan


Loading...