Berikut Beberapa Jenis Makanan yang Dapat Meningkatkan Risiko Ambeien

Berikut Beberapa Jenis Makanan yang Dapat Meningkatkan Risiko Ambeien
Ilustrasi (Detik.com : Google)
Editor: Epenz Teras Health —Jumat, 26 Mei 2023 10:09 WIB

Terasjabar.id - Ambeien atau hemoroid merupakan salah satu masalah kesehatan yang tidak boleh dianggap sepele. Pasalnya, jika dibiarkan maka akan menjadi semakin parah dan menimbulkan BAB berdarah. Ambeien dapat terjadi karena pembuluh darah di sekitar anus mengalami peradangan hingga membengkak. 

Ada banyak faktor yang menyebabkan ambeien mulai dari kebiasaan duduk terlalu lama, mengejan hingga pola makan yang tidak sehat. Selain itu, ada beberapa jenis makanan yang juga dapat meningkatkan risiko terjadinya ambeien. Dilansir oleh laman HelloSehat, berikut ini empat jenis makanan yang dapat menimbulkan ambeien dan perlu dihindari.

1. Makanan Rendah Serat

Pada dasarnya, makanan tidak menyebabkan ambeien secara langsung namun mengonsumsi makanan ini dapat membuat pencernaan tidak lancar sehingga menyebabkan sembelit dan berujung pada risiko terjadinya ambeien. 

Salah satu jenis makanan yang dapat menimbulkan risiko ambeien adalah makanan rendah serat. Mengonsumsi makanan ini terlalu sering akan membuat feses menjadi keras dan sulit dikeluarkan. Sehingga kamu perlu mengejan lebih keras dan akhirnya membuat pembuluh darah di sekitar anus mengalami pembengkakan. 

2. Makanan Pedas

Selain makanan rendah serat, makanan pedas juga secara tidak langsung dapat meningkatkan risiko terjadinya ambeien. Makanan yang pedas akan membuat saluran pencernaan iritasi sehingga dapat menyebabkan diare. 

Buang air besar yang terlalu sering atau diare akan membuat area di sekitar anus mengalami iritasi bahkan peradangan. Hal inilah yang dapat memicu ambeien. Bahkan bagi orang yang sudah menderita ambeien, gejala dapat bertambah parah jika terlalu sering mengonsumsi makanan pedas. 

3. Makanan Olahan

Makanan olahan seperti sosis maupun nugget juga sebaiknya tidak dikonsumsi terlalu sering. Pasalnya, jenis makanan ini memiliki kandungan garam yang tinggi serta rendah serat. 

Terlalu banyak mengonsumsi jenis makanan ini akan membuat kamu mengalami sembelit dan perlu mengejan lebih keras ketika buang air besar. Kebiasaan mengejan terlalu keras menjadi salah satu penyebab utama terjadinya ambeien. 

4. Makanan Berlemak

Jenis makanan terakhir yang dapat meningkatkan risiko ambeien adalah makanan berlemak. Makanan yang mengandung lemak tinggi akan membuat makanan sulit dicerna. Sehingga makanan ini akan mengeras di perut dan sulit dikeluarkan. 

Nah, itulah empat jenis makanan yang dapat meningkatkan risiko terjadinya ambeien. Yuk hindari! 

Disadur dari Suara.com 

Ambeien Makanan Kesehatan


Loading...