Berikut Beberapa Cara Menghilangkan Bau Daging Kambing Kurban Idul Adha

Berikut Beberapa Cara Menghilangkan Bau Daging Kambing Kurban Idul Adha
Ilustrasi (Lifestyle Okezone : Google)
Editor: Epenz Hot News —Kamis, 25 Mei 2023 10:23 WIB

Terasjabar.id - Daging kambing yang kerap dibagikan saat Lebaran Kurban atau Idul Adha biasanya langsung kita olah menjadi sate karena masih segar dan kualitasnya terjamin. Lalu bagaimana cara menghilangkan bau daging kambing?

Ya, jika cara mengolahnya tidak benar, daging kambing terkadang menyisakan aroma prengus yang cukup mengganggu. Tapi tenang saja, ada beberapa tips untuk mengatasinya.


Cara Menghilangkan Bau Daging Kambing

1. Jangan Dicuci

Daging kambing yang masih segar sebaiknya tidak dicuci. Untuk menjaga kebersihannya, cukup pisahkan bagian yang kotor dengan yang bersih dan langsung diolah. Cara ini cukup ampuh untuk menghilangkan bau prengus.

2. Pisahkan Daging dengan Lemak

Aroma prengus kambing kebanyakan berasal dari lemak, sehingga kita perlu memisahkan lemak dengan dagingnya sebelum diolah menjadi masakan.

3. Pakai Lobak

Jika kalian ingin mengolah daging kambing selain dijadikan sate, cobalah merebusnya dengan potongan lobak segar. Cara ini cukup ampuh karena lobak mengandung kolin yang cukup rendah sehingga bisa mengurangi bau tak sedap di daging kambing.

4. Gunakan Rempah yang Banyak

Jangan pelit menggunakan rempah karena untuk masakan yang terbuat dari daging kambing, rempah membantu menyamarkan bau prengus daging kambing. Selain itu, rasanya juga bisa semakin mantap dengan rempah yang melimpah.

Beberapa jeis rempah yang bisa kalian gunakan adalah jahe, kunyit, daun salam atau cengkeh. Semua rempah itu memiliki aroma yang khas dan cocok untuk olahan daging kambing.

5. Taburi Garam

Ini adalah salah satu cara termudah untuk menghilangkan bau daging kambing. Garam bisa menetralisir bau yang keluar dari darah kambing sehingga aroma tak terlalu kuat. Cukup lumuri permukaannya dan biarkan selama satu jam.

6. Rebus dengan Kacang Hijau 

Cara ini masih jarang diketahui tapi cukup ampuh untuk mengusir bau tak sedap dari daging kambing. Caranya, cukup rebus daging dengan perbandingan 1 kg daging direbus dengan 5 gr kacang hijau.

7. Pakai Cuka

Kalian juga bisa memakai cuka masak untuk menghilangkan bau prengus daging. Caranya, rebus dagung dengan cuka maka baunya akan hilang karena dinetralisir oleh asam dari cuka.

Itulah deretan cara menghilangkan bau daging kambing. Semoga tips ini bermanfaat.

Disadur dari Suara.com 

Daging Kambing Kurban Idul Adha


Loading...