BErikut Beberapa Manfaat Clay Mask untuk Kulit Wajah

BErikut Beberapa Manfaat Clay Mask untuk Kulit Wajah
Ilustrasi (popmama.com : Google)
Editor: Epenz Hot News —Selasa, 23 Mei 2023 13:22 WIB

Terasjabar.id -- Clay mask merupakan jenis masker yang terbuat dari beberapa jenis tanah liat, diantaranya yaitu bentonite clay yang paling kuat dan cocok untuk kulit berminyak, kaolin clay yang lebih ringan dan cocok untuk kulit kering dan sensitif, serta rhassoul clay yang mampu membantu proses eksfoliasi sel kulit mati.

Kandungan tanah liat dalam clay mask biasanya memiliki kadar pH (tingkat asam-basa) negatif, sedangkan kulit memiliki pH sedikit positif. Hal inilah yang menjadi alasan minyak dan kotoran kulit bisa tertarik oleh clay mask. Penggunaan clay mask saat ini memang menjadi primadona bagi sebagian orang, terlebih pada kulit berminyak karena terbukti ampuh untuk merawat wajah.

Nah di artikel kali ini kita akan membahas lebih lanjut seputar manfaat clay mask untuk wajah. Melansir dari American Academy of Dermatology Asscociation dan Mayo Clinic, berikut lima diantaranya.

1. Ampuh Membersihkan Minyak di Wajah

Bagi Anda yang memiliki kulit wajah berminyak, clay mask bisa menjadi solusi ampuh untuk mengatasi masalah ini. Pasalnya, kandungan tanah liat bentonit pada clay mask berfungsi menyerap minyak, mencegah timbulnya jerawat,  sekaligus menampilkan efek glowing di wajah.

Anda dapat menggunakan clay mask sebanyak 1-2 kali per minggu, baik dengan masker bubuk, masker oles, ataupun masker peel-off yang lebih praktis.

2. Membersihkan Kotoran yang Menempel di Pori-Pori Wajah

Mencuci muka dengan air dan sabun wajah memang dapat membersihkan wajah dari kotoran dan debu yang menempel. Akan tetapi penggunaan clay mask dinilai lebih ampuh dari sabun wajah. Sebab, kandungan aktif pada clay mask mampu membersihkan kotoran di wajah sampai lapisan pori-pori terdalam kulit. 

3. Membantu Mengatasi Kulit Kering

Selain kulit berminyak, masalah kulit kering juga dapat diatasi oleh clay mask. Sebuah studi dari Iranian Journal Of Public Health menjelaskan bahwa efek bahan aktif pada clay mask mampu menciptakan lapisan yang dapat menjaga kelembapan kulit wajah.

Akan tetapi, penggunaan clay mask untuk kulit kering hanya disarankan satu kali per minggu saja. Sebab, terlalu sering menggunakan clay mask pada kulit kering justru akan memperparah kondisi kulit tersebut.

4. Membersihkan Kulit dari Racun

Clay mask tidak hanya bermanfaat untuk membersihkan kulit dari kotoran. Sebab, kandungan bentonit pada clay mask diklaim mampu mengikat racun bermuatan positif, logam berat, dan zat berbahaya yang berasal dari pencemaran.

5. Mengeskfoliasi Kulit Wajah

Clay mask dapat membantu membersihkan sel-sel kulit mati secara ringan karena memiliki butiran halus yang dapat membantu mengeksfoliasi kulit secara fisik. Jika kamu memiliki kulit yang sensitif, clay mask bisa menjadi solusi eksfoliasi ringan karena frekuensi penggunaan yang hanya 1-2 kali seminggu.

Disadur dari Yoursay.id 

Clay Mask Manfaat Perawatan


Loading...