Berikut Cara Menanam Sirih Gading dengan Media Air

Berikut Cara Menanam Sirih Gading dengan Media Air
Ilustrasi (Grid.ID : Google)
Editor: Epenz Life Style —Senin, 22 Mei 2023 12:36 WIB

Terasjabar.id -- Sirih gading merupakan salah satu jenis tanaman hias yang merambat. Tanaman ini sangat unik karena dapat ditanam dengan dua jenis media tanam yaitu menggunakan tanah atau air.

Selain itu, perawatan tanaman ini sangatlah mudah. Jadi, sangat cocok buat kamu yang ingin menghias rumah dengan tanaman namun tidak mau terlalu ribet merawatnya. 

Selain itu, tanaman sirih gading ini juga cocok untuk diletakkan di dalam ruangan, lho. Pasalnya, sirih gading tidak terlalu membutuhkan banyak sinar matahari untuk tumbuh. Kamu bisa menanamnya dengan media air dan meletakkannya di ruangan. Dijamin akan membuat ruangan makin estetik. 

Nah, jika kamu tertarik untuk menanam sirih gading dengan media air, berikut ini cara yang tepat untuk menanamnya. 

1. Siapkan Media

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan saat akan menanam sirih gading adalah menyiapkan media dan bahan yang akan kamu gunakan. Jika ingin menggunakan media air, maka kamu perlu menyiapkan botol kaca, vas, ataupun toples.

Pilih tempat menanam yang unik agar semakin estetik. Selain itu, kamu juga perlu siapkan air yang bersih, jernih, dan tidak berbau. Serta jangan lupa menyiapkan pupuk cair. 

2. Siapkan Tanaman Sirih Gading

Setelah menyiapkan bahan yang kamu butuhkan, kamu juga perlu menyiapkan sirih gading yang akan ditanam. Sebaiknya pilih tanaman yang sehat dan tidak layu. Tanaman ini mudah ditemukan, kamu bisa membelinya di toko tanaman terdekat ataupun melalui marketplace. 


Sirih gading yang sehat dan berkualitas akan lebih cepat tumbuh subur dan terhindar dari risiko mati. 

3. Potong Beberapa Daun

Setelah menentukan sirih gading yang akan kamu tanam, maka langkah selanjutnya adalah memotong semua daun di bawah bagian simpul batangnya. Tujuannya adalah agar daun tidak membusuk di dalam air dan merusak akar yang baru.

4. Letakkan di Botol Kaca atau Vas Berisi Air Bersih

Langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah mulai menanam sirih gading di media air. Kamu bisa meletakkan sirih gading yang telah dipotong beberapa daunnya di dalam botol kaca atau vas yang telah diisi air.

Pastikan ada ruas dari tanaman ini yang terendam air. Selain itu, pastikan selalu menggunakan air bersih sebagai medianya agar dapat tumbuh subur. 

5. Letakkan di Tempat Teduh

Agar sirih gading bisa tumbuh dengan subur, kamu perlu memperhatikan penempatannya. Sebaiknya letakkan sirih gading di tempat yang teduh dan tidak terkena sinar matahari langsung. 

Selain itu, kamu juga perlu merawatnya dengan memberikan pupuk cair setiap 4 hingga 6 minggu sekali. Tujuannya adalah agar sirih gading tetap mendapatkan nutrisi sehingga dapat tumbuh subur. 

Disadur dari Yoursay.id 

Sirih Gading Tanaman Menanam


Loading...