Berikut Beberapa Cara yang Membuatmu Terhindar dari Dehidrasi

Berikut Beberapa Cara yang Membuatmu Terhindar dari Dehidrasi
Ilustrasi (Liputan6.com : Google)
Editor: Epenz Hot News —Minggu, 21 Mei 2023 14:04 WIB

Terasjabar.id -- Beberapa waktu lalu, obrolan terkait panasnya suhu udara di beberapa wilayah Indonesia sedang ramai-ramainya. Dikutip dari laman kompas.com, tak hanya di Indonesia negara sebelah tepatnya Thailand juga merasakan panasnya cuaca di siang hari. Suhu panas di negara tersebut mencapai 43 derajat Celcius dibagian Thailand Utara.

Beberapa penyebab dari panasnya cuaca di Indonesia yaitu yang pertama adalah gerakan semu matahari yang menyebabkan kenaikan suhu panas, kedua yaitu Indonesia telah memasuki musim kemarau yang diprediksi akan dimulai pada bulan April sampai September. Penyebab ketiga yang merupakan salah satu faktor tiap tahun yang hampir mendominasi kenaikan suhu di seluruh Negara adalah pemanasan global dan perubahan iklim.

Salah satu hal yang perlu diwaspadai oleh masyarakat adalah kondisi tubuh yang kekurangan air atau dehidrasi. Cuaca panas dapat menyebabkan seseorang berkeringat bahkan secara berlebihan dan apabila dibarengi kegiatan yang dilakukan langsung dibawah sinar matahari dapat menyebabkan tubuh kekurangan cairan.

Dilansir dari laman alodokter.com, dehidrasi yang disebabkan oleh cuaca panas dapat menyebabkan fungsi tubuh tidak berjalan dengan baik. Adapun tanda-tanda ketika seseorang mengalami dehidrasi adalah bibir kering, sakit kepala, pusing, rasa sangat lelah, hingga mual. Adapun langkah-langkah yang dapat kamu lakukan agar terhindar dari dehidrasi adalah sebagai berikut

1. Minum Air Putih

Jika seseorang yang mengalami beberapa gejala seperti bibir kering, sakit kepala, pusing, rasa sangat lelah, hingga mual, maka di anjurkan untuk segera meminum air agar tubuh dapat terdehidrasi dengan baik. Air yang diminum juga tidak boleh air dingin karena air dingin dapat mengubah suhu tubuh secara tiba-tiba dan tidak menyehatkan bagi tubuh. Selain itu, orang yang mengalami dehidrasi juga tidak diperbolehkan untuk meminum minuman yang memiliki kandungan kafein seperti kopi, teh dan minuman bersoda.

2. Mengonsumsi Buah dan Sayur yang Kaya akan air

Dilansir dari laman hellosehat.com, makanan menyumbangkan sekitar 20% cairan dalam tubuh manusia. Makanan yang dapat mengatasi dehidrasi umumnya memiliki kandungan air sekitar 90% atau bahkan lebih. Adapun beberapa contoh sayuran dan buah yang baik dikonsumsi guna menghindari dehidrasi adalah timun, kembang kol, selada, semangka, stoberi, melon dan lain-lain.

3. Mengonsumsi Jus

Selain mengonsumsi buah dalam bentuk jus merupakan salah satu pilihan yang baik dalam mengatasi kebosanan makan buah. Kamu dapat memilih sendiri buah apa yang akan kamu minum dan kamu juga bisa menambahkan beberapa topping sebagai penambah cita rasa.

4. Hindari Minuman Mengandung Kafein

Seperti yang kita ketahui, kafein merupakan salah satu zat yang dapat memicu buang air kecil. Dalam kondisi cuaca yang panas, kam harus menghindari segala jenis minuman yang mengandung zat ini tentunya. Beberapa jenis minuman berkafein yang perlu kamu hindari adalah kopi, teh dan minuman bersoda.

Nah, itulah empat cara yang akan membuatmu terhindar dari dehidrasi. Semoga bermanfaat.

Disadur dari Yoursay.id 

Dehidrasi Cuaca Panas Cara Menghindari


Loading...