Berikut Rekomendasi Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Pascacabut Gigi

Berikut Rekomendasi Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Pascacabut Gigi
Ilustrasi (Alodokter : Google)
Editor: Epenz Hot News —Minggu, 21 Mei 2023 12:16 WIB

Terasjabar.id -- Cabut gigi merupakan salah satu tindakan yang umum dilakukan pada gigi yang sudah tidak bisa mendapatkan perawatan lagi. Cabut gigi biasanya dilakukan pada gigi susu sebelum tumbuh gigi permanen saat masih anak-anak. Namun, dalam beberapa keadaan, cabut gigi juga bisa dilakukan pada gigi permanen. Cabut gigi harus dilakukan oleh dokter gigi yang berpengalaman untuk menghindari risiko yang tidak diinginkan.

Ada banyak hal yang perlu diperhatikan setelah melakukan cabut gigi seperti memperhatikan makanan dan minuman untuk sementara waktu. Hal ini berguna untuk mengantisipasi rasa nyeri berkelanjutan atau infeksi yang bisa saja terjadi setelah cabut gigi. Melansir dari laman Klik Dokter, berikut beberapa manakan dan minuman yang harus dihindari setelah melakukan cabut gigi.

1. Makanan Keras dan Lengket

Mengonsumsi makanan yang keras dapat membuat rasa nyeri pada bekas gigi yang dicabut semakin parah. Hal ini bisa terjadi karena setelah cabut gigi, gusi akan mengalami luka dan memerlukan beberapa waktu untuk sembuh. Mengonsumsi makanan keras justru dapat membuat luka tersebut tidak kunjung kering. Akibatnya pasien akan merasakan nyeri hebat setelah melakukan cabut gigi. Hal ini juga bisa terjadi saat pasien mengonsumsi makanan lengket seperti permen lunak. 

2. Makanan Pedas

Semua makanan pedas sebaiknya dihindari selamabeberapa hari setelah cabut gigi. Makanan pedas bisa membuat gusi yang luka setelah cabut gigi menjadi terinfeksi. Makanan pedas juga dapat membuat luka semakin lama untuk sembuh. Oleh karena itu, bagi pecinta makanan pedas sebaiknya hindari dulu selama beerapa hari setelah cabut gigi, ya. 

3. Makanan dan Minuman Panas

Setelah cabut gigi, dokter akan menyarankan pasien untuk mengonsumsi makanan atau minuman dingin. Makanan atau minuman dingin akan membantu proses pembekuan darah sehingga dapat mempercepat penyembuhan luka. Berbeda dengan makanan dan minuman panas yang dapat membuat luka membutuhkan waktu cukup lama untuk sembuh.

4. Minuman Bersoda

Minuman bersoda bukan hanya tidak baik untuk kesehatan tetapi juga dapat memperlambat luka seperti setelah cabut gigi. Kandungan asam dan manis yang terdapat dalam minuman bersoda akan membuat proses pembekuan darah menjadi terhambat. Akibatnya pasien akan merasakan nyeri lebih lama. 

Nah, itu dia beberapa manana dan minuman yang harus dihindari setelah melakukan cabut gigi. Semoga bermanfaat. 

Disadur dari Yoursay.id

Cabut Gigi Makanan Minuman


Loading...