International Tea Day, Berikut Beberapa Fakta Unik dari Teh yang Harus Kamu Tahu

International Tea Day, Berikut Beberapa Fakta Unik dari Teh yang Harus Kamu Tahu
Ilustrasi (Kompas.com : Google)
Editor: Epenz Kuliner —Minggu, 21 Mei 2023 10:24 WIB

Terasjabar.id -- Pada tanggal 21 Mei tahun 2023 kali ini diperingati sebagai Hari Teh Internasional atau International Tea Day. Melansir dari situs National Today, peringatan hari teh internasional merupakan sebuah peringatam dimana para pecinta teh dari seluruh dunia merayakan eksistensi minuman teh sebagai salah satu minuman paling populer di dunia. Selain itu, peringatan ini juga sebagai salah satu bentuk kampanye untuk memperkenalkan konsumsi teh sebagai salah satu minuman kesehatan herbal kepada masyarakat luas.

Teh menjadi salah satu minuman yang sangat populer bagi masyarakat di seluruh negara di dunia. Minuman yang umumnya dibuat dari dedaunan tersebut memang sudah dikenal sejak ribuan tahun silam sebagai salah satu minuman yang dapat dikategorikan sebagai minuman herbal. Selain itu, teh juga memiliki beberapa fakta unik yang tentunya sangat menarik untuk diketahui. Berikut 3 fakta unik dari minuman teh.

1. Muncul Pertama Kali Di Kawasan Asia

Ilustrasi Perkebunan Teh (pexels/vivek kumar)
Ilustrasi Perkebunan Teh (pexels/vivek kumar)

Tradisi meminum teh menurut beberapa sumber sejarah berasal dari kawasan Asia, terutama di daratan Cina. Melansir dari artikel yang berjudul “Earliest tea as evidence for one branch of the Silk Road across the Tibetan Plateau”, tradisi meminum teh sudah muncul sejak abad ke-2 sebelum masehi di Cina. Minuman teh tersebut dikonsumsi sebagai salah satu minuman herbal yang menyehatkan. Seiring berjalannya waktu, teh kemudian berkembang dan menyebar di seluruh darata Asia lainnya. Mulai dari Jepang, Korea, India, kawasan Asia tenggara hingga menyebar di daerah Eropa.

Penyebaran teh di kawasan Eropa tidak terlepas dari banyaknya penjelajahan kaum Eropa ke kawasan Asia pada abad ke-9 masehi. Selain itu, jalur perdagangan antara Eropa, timur tengah dan Asia juga berperan penting dalam penyebaran teh di kawasan Eropa. Para pedagang atau penjelajah tersebut kemudian membawa beberapa contoh daun teh ke kawasan Eropa dan memperkenalkannya kepada masyarakat di sana. Teh kemudian menyebar dan tumbuh menjadi salah satu komoditas dagang yang cukup besar di era kolonial. Bahkan, pada sekitar abad ke-15  perdagangan teh menjadi salah satu kegiatan perekonomian yang cukup besar pada saat itu. 

2. Teh Termahal Di Dunia Dihargai 1,2 Juta USD/Kg

Ilustrasi Teh Tradisional (unsplash/content pixie)
Ilustrasi Teh Tradisional (unsplash/content pixie)

Sebagai salah satu minuman tertua yang pernah muncul, harga teh tentunya cukup bervariasi tergantung dari racikan dan bahan penyusun minuman teh tersebu. Salah satu teh dari daratan Cina dinobatkan sebagai teh termahal di dunia. Teh tersebut merupakan Da Hong Pao yang berasal dari kawasan pegunungan Wuji, Fujian, Tiongkok. Teh tersebut dihargai sebesar 1,2 Juta USD/kg atau sekitar 17 Milyar Rupiah per kilogram.

Teh tersebut dikenal cukup mahal karena terbuat dari dedauan pohon Da Hong Pao yang dikenal cukup langka. Pohon tersebut hanya diketahui tumbuh di beberapa lokasi di pegunungan Wuyi dan cukup dijaga kelestariannya. Bahkan, beberapa pohon yang sudah berusia ratusan tahun tersebut dijaga oleh para penjaga bersenjata lengkap dari pihak militer dan kepolisian. Selain itu ada legenda bahwa teh ini merupakan salah satu minuman herbal paling manjur di dunia yang membuat harga teh ini cukup mahal untuk dibeli.

3. Teh Juga Mengandung Kafein Seperti Kopi

Ilustrasi Teh (unsplash/teacora roiboss)
Ilustrasi Teh (unsplash/teacora roiboss)

Beberapa orang mungkin mengetahui bahwa kopi adalah salah satu minuman yang mengandung kafein. Akan tetapi, ternyata teh juga menjadi salah satu minuman yang mengandung kadar kafein. Bahkan, beberapa jenis teh memiliki kadar kafein yang lebih tinggi dibandingkan kopi hitam biasa. Melansir dari buku “The World of Caffeine: The Science and Culture of the World's Most Popular Drug”, teh mengandung jumlah kafein rata-rata sekitar 30-90 mg per 240 ml. Hal itu dapat diartikan dalam setiap cangkir atau gelas teh rata-rata memiliki kandungan kafein sekitar 90 mg. Jumlah tersebut tentunya bisa lebih tinggi tergantung dari jenis teh dan bahan yang digunakan.

Nah, itulah beberapa fakta unik dan menarik dari minuman teh. Teh menjadi salah satu minuman yang cukup populer di dunia. Diperkirakan ada sekitar 2 juta kantong atau cangkir teh yang dikonsumsi setiap harinya di dunia. Selain menjadi minuman kesehatan, meminum teh juga telah menjadi bagian gaya hidup masyarakat bahkan sejak ratusan tahun yang lalu.

Disadur dari Yoursay.id 

International Tea Day Minuman Fakta Unik Minuman Kesehtan Herbal


Loading...