Ternyata Santan Kelapa Memiliki Beragam Manfaat Bagi Kesehatan ! Berikut Lima Diantaranya

Ternyata Santan Kelapa Memiliki Beragam Manfaat Bagi Kesehatan ! Berikut Lima Diantaranya
BP Guide
Editor: Malda Teras Health —Sabtu, 20 Mei 2023 10:12 WIB

Terasjabar.id - Ternyata Santan Kelapa Memiliki Beragam Manfaat Bagi Kesehatan ! Berikut Lima Diantaranya 

 Terbuat dari sari kelapa yang sudah tua, santan menjadi salah satu bahan masakan yang cukup sering digunakan. Selain menambah kenikmatan pada masakan, ternyata santan juga memiliki beragam manfaat bagi kesehatan. Melansir dari hellosehat.com berikut adalah 5 manfaat santan kelapa bagi kesehatan tubuh.

1. Membantu mengontrol berat badan

Santan mengandung lemak jenuh dengan trigliserida rantai-sedang. Lemak jenis ini akan mudah diolah oleh tubuh, sehingga bisa langsung dibakar menjadi energi. Artinya, mendapatkan asupan lemak dari santan akan membantu seseorang dalam menurunkan berat badan.

2. Meningkatkan daya tahan tubuh

Menurut sebuah penelitian dalam Journal of Chemical and Pharmaceutical Research, santan mengandung antioksidan yang lebih tinggi daripada kandungan antioksidan yang terkandung di dalam susu sapi dan susu kambing.

Hal ini memberikan manfaat yang sangat baik bagi tubuh, karena antioksidan bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, santan juga mengandung asam kaprat dan zat antimikroba yang bersifat sebagai antibakteri, antifungi, dan antivirus.

3. Menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah

Menurut studi dalam jurnal Nutrition and Metabolism Research, santan mampu menjaga kadar kolesterol baik dalam darah. Oleh karena itu, mengkonsumsi santan dalam jumlah yang cukup akan mengurangi risiko penyakit jantung dan kerusakan pembuluh darah.

Meski begitu, tetap harus memperhatikan jumlah santan yang dikonsumsi. Jangan sampai berlebihan karena justru berpotensi mengakibatkan gangguan kesehatan.

4. Menjaga kesehatan fungsi otak

Manfaat selanjutnya dari santan adalah khasiatnya dalam membantu mengoptimalkan fungsi otak. Kandungan lemak dalam santan akan diubah menjadi keton, yaitu zat yang berperan penting untuk memberikan energi pada otak. Selain itu, antioksidan dalam santan juga menjadi sumber energi yang baik untuk otak.

5. Mencegah kanker

Santan juga bermanfaat untuk mencegah risiko kanker. Khasiat ini berasal dari adanya kandungan asam laruat dalam santan. Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh Cell Death Discovery disebutkan bahwa asam laurat dapat membantu memperlambat laju pertumbuhan sel-sel kanker pada penderita kanker payudara.

Sebagai tambahan, jika ingin menggunakan santan kelapa kemasan, pilihlah santan yang dikemas menggunakan karton. Hindari untuk membeli santan dengan kemasan kaleng karena berpotensi menimbulkan reaksi kimia yang berbahaya bagi kesehatan, terutama bagi bayi dan anak-anak.

Untuk mendapatkan santan kelapa dengan kualitas terbaik dan terjamin kesehatannya, alangkah lebih baik untuk membuat santan sendiri di rumah dari bahan kelapa terbaik.

Santan Kelapa Viral Kesehatan Berat Badan Daya Tahan Tubuh Kanker


Loading...