Berikut Beberapa Manfaat Konsumsi Air Kelapa

Berikut Beberapa Manfaat Konsumsi Air Kelapa
Ilustrasi (Kompas Health : Google)
Editor: Epenz Hot News —Rabu, 17 Mei 2023 14:07 WIB

Terasjabar.id -Air kelapa adalah salah satu minuman favorit yang segar diminum saat sedang musim kemarau. Dibalik rasanya yang lezat air kelapa memiliki segudang manfaat baik bagi kesehatan. Dilansir oleh laman Healthline, berikut 3 manfaat mengonsumsi air kelapa dalam keseharian, simak yuk:

1. Mengandung zat antioksidan

Saat beban stress semakin tinggi di kehidupan sehari-hari maka mudah bagi tubuh terekspos dengan radikal bebas. Radikal bebas adalah bentuk dari molekul tidak stabil sebagai respons menghadapi stress. Ketika radikal bebas terlalu tinggi maka mudah bagi tubuh untuk menjadi stress oksidatif dan akhirnya meningkatkan resiko penyakit.

Hasil penelitian dari air kelapa dinilai dapat memodifikasi radikal bebas sebab terdapat kandungan antioksidan yang pada akhirnya tidak menimbulkan bahaya. 

2. Membantu pencegahan batu ginjal

Batu ginjal dapat dicegah dengan minum air putih. Selain air putih opsi lainnya yang dapat membantu mengurangi tingkat resiko dari batu ginjal adalah dengan konsumsi air kelapa. Batu ginjal berasal dari gabungan senyawa kalsium, oksalat dan senyawa-swnyawa lain yang membentuk kristal dalam urin.

Kristal tersebut nantinya dapat berubah menjadi batu yang membahayakan bagi kesehatan. Air kelapa dinilai dapat meningkatkan buang air kecil pada individu tanpa batu ginjal yang artinya air kelapa bisa membantu membersihkan sistem pencernaan dengan baik.

3. Salah satu sumber hidrasi yang mudah dikonsumsi

Air kelapa memiliki rasa manis dan mengandung rendah kalori serta karbohidrat. Air kelapa paling segar dan lezat saat dikonsumsi langsung dari buahnya. Banyak sekali olahan air kelapa yang dinikmati sebagai campuran smoothies atau jus atau dapat dinikmati apa adanya dengan buahnya yang lembut.

Air kelapa juga telah dikemas dengan berbagai rupa dan dapat diperoleh di minimarket maupun pertokoan dengan mudah. Saat membeli air kelapa kemasan pastikan mengecek bahan dasar yang tertera di kemasan agar kamu tahu berapa banyak air kelapa yang tersaji di dalamnya. 

Disadur dari Yoursay.id 

Air Kelapa Minuman Kesehatan Manfaat


Loading...