Berikut Beberapa Manfaat Belut bagi Kesehatan, Mengandung Banyak Gizi dan Nutrisi

Berikut Beberapa Manfaat Belut bagi Kesehatan, Mengandung Banyak Gizi dan Nutrisi
Ilustrasi (Liputan6.com : Google)
Editor: Epenz Teras Health —Rabu, 17 Mei 2023 13:20 WIB

Terasjabar.id -- Belut adalah salah satu jenis ikan yang memiliki bentuk seperti ular. Belut termasuk sumber protein yang sangat mudah dicerna oleh tubuh. Selain itu, ikan ini juga mengandung banyak gizi dan nutrisi yang menyehatkan.

Dilansir dari hellosehat.com berikut adalah 6 manfaat belut bagi kesehatan.

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Salah satu manfaat mengkonsumsi belut adalah untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan sistem imun yang kuat, maka akan membantu tubuh dalam melawan beragam jenis penyakit. Manfaat ini diperoleh berkat adanya kandungan zinc yang terdapat dalam belut.

2. Menjaga kesehatan tulang

Belut mengandung fosfor yang cukup tinggi. Kandungan ini memiliki peranan penting dalam menjaga kesehatan tulang. Mineral ini akan membantu proses pembentukan tulang dan gigi.

Selain itu, forfor juga diperlukan oleh tubuh untuk mengolah karbohidrat dan lemak agar bisa digunakan untuk pertumbuhan dan perbaikan sel dan jaringan tubuh.



3. Meningkatkan kesehatan kulit

Tak hanya menyehatkan tulang, belut juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Manfat ini berasal ari vitamin E yang terkandung dalam belut. Perlu diketahui bahwa vitamin E merupakan antioksidan yang bagus untuk kulit, dan banyak ditemui dalam poduk-produk kecantikan.

4. Mencegah anemia

Manfaat selanjutnya dari mengkonsumsi belut adalah berguna untuk mencegah anemia. Belut dapat mencegah anemia karena ikan ini mengandung vitamin B12. Perlu diketahui bahwa vitamin ini berperan penting dalam proses produksi sel darah merah dalam tubuh.

5. Menurunkan risiko stroke

Diketahui bahwa seseorang yang sering mengkonsumsi makanan tinggi kalsium seperti belut akan memiliki risiko terkena stroke yang lebih rendah. Para ahli meyakini bahwa kondisi ini dapat terjadi karena makanan berkalium tinggi mampu menurunkan tekanan darah yang dapat memicu stroke iskemik.

6. Meningkatkan konsentrasi

Belut juga bermanfaat untuk meningkatkan konsentrasi atau fokus seseorang. Manfaat ini didapat dari adanya kandungan zat besi dalam belut. Perlu diketahui bahawa kekurangan zat besi akan menimbulkan beberapa masalah kognitif.

Beberapa gangguan kognitif yang dimaksud adalah berkurangnya daya konsentrasi, menurunnya perhatian atau fokus, serta gangguan fungsi kognitif.

Nah, itulah 6 manfaat belut bagi kesehatan, semoga bermanfaat.



Disadur dari Yoursay.id 

Belut Manfaat Gizi Kesehatan


Loading...