Berikut Beberapa Jus Buah dan Sayur yang Ampuh Mengatasi Batu Ginjal

Berikut Beberapa Jus Buah dan Sayur yang Ampuh Mengatasi Batu Ginjal
Ilustrasi (Klikdokter : Google)
Editor: Epenz Hot News —Rabu, 17 Mei 2023 12:28 WIB

Terasjabar.id -- Salah satu cara untuk menghancurkan batu ginjal dengan mudah adalah dengan mengkonsumsi beberapa jenis jus buah atau sayur. Selain enak dan segar, jus buah juga sangat baik untuk kesehatan, termasuk menghancurkan batu ginjal.

Lalu jus buah dan sayur apa saja yang bisa mengatasi batu ginjal? Dilansir dari klikdokter.com berikut adalah 5 jenis jus buah dan sayur yang mampu membantu memecah batu ginjal.

1. Jus jeruk

Jus jeruk menjadi salah satu jenis jus buah yang paling populer dan sangat mudah didapatkan. Selain nikmat dan segar, jus jeruk juga memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh, termasuk membantu menghancurkan batu ginjal.

Khasiat ini diperoleh berkat adanya kandungan sitrat dalam buah jeruk yang memiliki kemampuan untuk mencegah pembentukan batu ginjal dengan cara mengurangi tingkat keasaman pada urine.

2. Jus delima

Selain jeruk, jus buah delima juga bagus untuk kesehatan ginjal. Jus buah delima sudah dikenal sejak lama akan khasiatnya dalam meningkatkan fungsi ginjal. 

Penderita batu ginjal disarankan untuk mengkonsumsi jus delima karena mampu mengurangi kadar keasaman urine. Dengan begitu, batu ginjal yang terbentuk akan dihancurkannya, sekaligus mencegah terbentuknya batu ginjal.

3. Jus seledri

Bagi orang yang menyukai jus sayuran, kamu bisa mencoba minum jus seledri. Jus ini menjadi obat tradisional untuk mengatasi batu ginjal dengan cara mengeluarkannya bersama urine.

Meski begitu, bagi seseorang dengan gangguan pembekuan darah, tekanan darah rendah, serta orang yang akan menjalani operasi, tidak disarankan untuk mengkonsumsi jus ini.

4. Jus cuka apel

Jus cuka apel juga dapat membantu menghancurkan jus cuka apel. Cuka apel mengandung asam asetat yang dapat berguna untuk melarutkan batu ginjal. Untuk membuat jus ini, siapkan 250 ml air putih, lalu tambahkan 2 sendok makan cuka apel. Kamu bisa minum jus ini satu kali dalam sehari.

Perlu diingat untuk tidak melebihi dosis yang dianjurkan. Pasalnya, mengkonsumsi jus cuka apel secara berlebihan dapat menurunkan kadar potasium dalam tubuh, serta memicu osteoporosis.

5. Jus daun basil

Daun basil mengandung antiperadangan dan kaya akan antioksidan. Oleh sebab itu, jus daun basil memiliki beragam khasiat yang baik untuk kesehatan, termasuk menghancurkan batu ginjal.

Untuk membuat minuman ini, gunakan daun basil yang sudah kering ataupun masih segar. Gunakan daun tersebut untuk membuat teh.

Disadur dari Yoursay.id 

Batu Ginjal Buah Sayur Jus


Loading...