Berikut Alternatif Obat Alami yang Dapat Mengatasi Batu Ginjal

Berikut Alternatif Obat Alami yang Dapat Mengatasi Batu Ginjal
(The Asianparent : Google)
Editor: Epenz Hot News —Rabu, 17 Mei 2023 11:19 WIB

Terasjabar.id -- Batu ginjal terbentuk akibat endapan mineral yang dipicu oleh beberapa hal. Sebenarnya, ada beberapa jenis pengobatan yang bisa dilakukan oleh penderita batu ginjal. Termasuk juga mencoba beberapa alternatif obat alami yang bisa meringankan bahkan menghancurkan endapan tersebut.

Walaupun ada alternatif obat alami yang bisa mengatasi batu ginjal, pengobatan dari dokter adalah hal yang utama. Namun tak ada salahnya untuk mengetahui beberapa alternatif obat alami yang bisa mengatasi batu ginjal berdasarkan dari laman hellosehat.com.

1. Rutin minum air putih

Air putih memberikan banyak khasiat serta manfaat bagi tubuh. Salah satunya yaitu menjadi obat yang direkomendasikan ketika mengalami batu ginjal. Sebab, banyak minum bisa membantu kinerja ginjal untuk memecah kelebihan mineral yang menjadi penyebab batu ginjal.

Walaupun bisa berkhasiat untuk kesehatan ginjal, prosesnya pun tidak secara otomatis dapat menghilangkan batu ginjal, tetapi hanya mempercepat proses tubuh mengeluarkan batu yang masih tertahan melewati ureter. Meskipun begitu perlu juga dibarengi dengan mengonsumsi obat dari dokter.

2. Air lemon

Selain mengonsumsi air putih, ternyata lemon juga berkhasiat dalam kesehatan ginjal. Menurut Harvard Health Publishing, yang dikutip dari hellosehat.com, lemon memiliki kandungan sitrat bisa menghambat pembentukan batu ginjal. Selain itu, sitrat juga berfungsi memecah batu ginjal ukuran kecil sehingga dengan mudah melewati ginjal menuju jalan kencing.

3. Cuka apel

Cuka apel mengandung asam asetat yang dipercaya mampu memecah serta melarutkan batu ginjal. Sari apel yang telah difermentasi mampu menurunkan rasa sakit akibat dari peradangan batu ginjal. Sehingga bisa berdampak positif bagi ginjal. Meskipun begitu, perlu adanya penelitian lebih lanjut.

4. Seledri

Seledri mengandung vitamin A, vitamin C, kalium hingga antioksidan. Nah, kandungan antioksidan ini diyakini bisa meningkatkan produksi urine yang tentunya mengurangi kemungkinan adanya batu ginjal yang baru.

5. Jus delima

Delima telah lama menjadi buah yang bisa meningkatkan fungsi ginjal. Jus delima berkhasiat dalam membersihkan batu serta racun di tubuh. Sama seperti seledri, kandungan antioksidan delima bisa menjaga kesehatan ginjal dan berperan mencegah batu ginjal. Dengan mengonsumsi jus delima, maka bisa menurunkan tingkat keasaman urine sehingga mengurangi risiko terkena ginjal.

Demikianlah beberapa alternatif obat alami yang dapat mengatasi batu ginjal. Walaupun begitu, anjuran obat yang diberikan oleh dokter tetap hal yang utama.

Disadur dari Yoursay.id

Batu Ginjal Alternatif Obat Alami Air Putih


Loading...