Berikut Beberapa Manfaat Ketumbar bagi Kesehatan Jantung

Berikut Beberapa Manfaat Ketumbar bagi Kesehatan Jantung
Ilustrasi (Kompas.com : Google)
Editor: Epenz Hot News —Rabu, 17 Mei 2023 11:07 WIB

Terasjabar.id -- Siapa yang menyangka bahwa ketumbar yang biasanya hanya digunakan untuk bumbu masakan, ternyata memiliki beragam manfaat bagi kesehatan jantung. Lantas apa saja manfaatnya?

Dilansir dari hellosehat.com berikut adalah 4 manfaat ketumbar bagi kesehatan jantung.

1. Membantu mengatur tekanan darah

Salah satu peran ketumbar dalam menyehatkan jantung adalah dengan cara mengatur tekanan darah. Kita tahu bahwa tekanan darah tinggi merupakan salah satu risiko penyebab penyakit jantung, seperti serangan jantung, gagal jantung, dan penyakit jantung koroner.

Ketumbar memiliki sifat sebagai diuretik, sehingga mampu membantu ginjal memproduksi natrium lebih banyak pada urine. Natrium ini akan berfungsi untuk mengurangi cairan dalam pembuluh darah vena dan arteri. Dengan demikian, tekanan darah akan menurun.

2. Meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh

Diketahui bahwa ketumbar memiliki manfaat untuk meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh. Peran kolesterol baik dalam tubuh adalah untuk menyingkirkan kolesterol jahat yang dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk mengganggu kesehatan jantung.

Dengan kata lain, semakin banyak kandungan kolesterol baik atau HDL dalam tubuh, maka semakin kecil risiko untuk terkena penyakit jantung.

3. Menurunkan kadar kolesterol jahat

Tak hanya meningkatkan kadar kolesterol baik, ketumbar juga berguna untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Perlu diketahui bahwa kolesterol jahat dapat menumpuk dalam pembuluh darah sehingga mengakibatkan penyumbatan pembuluh darah.

Kondisi ini akan berdampak pada terganggunya aliran darah ke seluruh tubuh, termasuk menuju jantung. Tak hanya itu, antioksidan yang terkandung dalam ketumbar juga bermanfaat baik untuk kesehatan jantung. Namun demikian, masih diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai hal ini.

4. Membantu mengontrol kadar gula darah

Tak hanya menyebabkan diabetes, gula darah tinggi dalam jangka panjang juga berpotensi untuk merusak pembuluh darah. Kondisi ini juga dapat merusak saraf yang mengontrol jantung dan pembuluh darah.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda bisa mengkonsumsi ketumbar. Ketumbar memiliki manfaat untuk membantu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Dengan begitu, risiko terkena penyakit jantung yang disebabkan oleh gula darah tinggi akan semakin kecil.

Nah, itulah 4 manfaat ketumbar bagi kesehatan jantung, semoga bermanfaat.

Disadur dari Yoursay.id 

Kesehatan Jantung Ketumbar Manfaat


Loading...