Berikut Beberapa Cara Menjaga Kesehatan Kaki

Berikut Beberapa Cara Menjaga Kesehatan Kaki
Ilustrasi (Alodokter : Google)
Editor: Epenz Hot News —Rabu, 17 Mei 2023 10:20 WIB

Terasjabar.id -- Tingkat mobilitas yang tinggi di kehidupan sehari-hari berpengaruh pada kesehatan tubuh terutama kaki. Kaki menopang tubuh manusia setiap waktu untuk itu penting untuk memperhatikan kesehatannya. Merawat kaki adalah kewajiban pasti.

Oleh karena itu penting memperhatikan cara perawatannya yang betul. Dilansir dari laman Best life online, berikut 3 cara yang dapat kamu lakukan guna merawat kaki agar tetap sehat dan kuat. Simak ya:

1. Tidak mengenakan sepatu yang ukurannya lebih kecil dari kaki

Menggunakan sepatu berukuran sempit hanya akan menyiksa kakimu. Kaki akan sulit bergerak bebas dan bagian jemarinya yang tertekuk akan mempengaruhi kesehatan kakimu.

Ruang sepatu yang sempit juga memberikan sirkulasi udara yang buruk sehingga kaki akan mudah berkeringat dan menyebabkan bau.

Penting untuk mencari sepatu yang sesuai ukuran agar kaki merasa lega saat digunakan berjalan. Pilih sol dalam sepatu yang memiliki bahan lembut agar kulit kaki tetap terawat bagus. 

2. Melakukan olahraga secara bertahap

Melakukan olahraga adalah bentuk dari kepedulian diri terhadap kesehatan. Sering berolahraga sama halnya dengan menjaga tiap fungsi tubuh kita terjaga karena sering dilatih dan digunakan. Jenis olahraga datang dengan bermacam-macam jenis.

Bagi kamu yang sedang mengincar jenis olahraga baru harap diingat untuk tidak langsung terburu untuk menguasai bidang olahraga yang dituju. Lakukan secara bertahap dan hati-hati agar tidak ada anggota tubuh yang terkilir terutama kaki.

Sering-seringlah melakukan pemanasan terlebih dahulu terutama pada olahraga yang berjenis eksplosif seperti bola basket, sepak bola, tenis dan bola raket. Peregangan dan menjaga kelenturan pada kaki penting untuk menghindari cedera utamanya pada tendon Achilles.

3. Menganggap sepele rasa sakit pada kaki 

Tak dapat dipungkiri terkadang sebaik apapun menjaga diri cedera bisa saja terjadi pada bagian kaki. Jangan menganggap sepele hal tersebut. Jika rasa sakit yang dirasakan mengganggu aktivitas segeralah cari klinik atau rumah sakit terdekat.

Rasa sakit yang dibiarkan terus menerus akan membahayakan diri. Pada awalnya mungkin rasa sakit tersebut tidak seberapa menyiksa namun jika tidak dirawat dengan sungguh-sungguh nantinya bisa membahayakan kesehatanmu. 

Disadur dari Suara.com 

Kaki Kesehatan Merawat


Loading...