Berikut Beberapa Manfaat Beras Basmati untuk Kesehatan

Berikut Beberapa Manfaat Beras Basmati untuk Kesehatan
Ilustrasi (Wowkeren.com : Google)
Editor: Epenz Teras Health —Rabu, 17 Mei 2023 10:14 WIB

Terasjabar.id -Beras basmati beberapa tahun ke belakang ini menjadi sangat populer di Indonesia. Berbeda dengan beras biasa, beras basmati memiliki ukurang yang lebih panjang dan ramping.

Beras basmati awalnya disajikan sebagai makanan di India dan Asia Selatan. Meskipun tidak sepopuler beras biasa, beras basmati saat ini bisa didapatkan di toko-toko atau dapat dibeli secara online.

Di Indonesia sendiri, beras basmati biasanya diolah menjadi nasi kebuli. Nasi kebuli dengan beras basmati menghadirkan cita rasa yang khas dan gurih sehingga disenangi banyak orang. Tak hanya itu, beras basmati juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Dilansir dari laman Hello Sehat, ada beberapa manfaat beras basmati yang perlu kamu ketahui.

1. Baik untuk Jantung

Beras basmati mengandung arsenik yang lebih rendah sehingga dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung. Arsenik sendiri merupakan logam yang bisa meningkatkan masalah jantung, diabetes dan kanker.

Selain itu, beras ini juga mengandung serat pangan yang tinggi sehingga mampu melancarkan metabolisme untuk meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

2. Mengonstrol Gula Darah

Beras basmati merupakan sumber karbohidrat kompleks dengan kandungan indeks glikemik yang rendah. Artinya, nasi dari beras basmati tidak akan cepat diubah menjadi glukosa di dalam tubuh.

Karena kemampuannya untuk mengontrol gula darah, nasi dari beras basmati sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Beras basmati juga dapat membantu mencegah penyakit diabetes tipe 2.

3. Baik untuk Otak

Beras basmati mengandung tiamin dan vitamin B1 yang cukup tinggi. Vitamin B sendiri diperlukan oleh tubuh untuk memaksimalkan kerja otak. Kombinasi dari kedua kandungan tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk mendukung dan memaksimalkan kinerja otak setiap hari. 

4. Mencegah Kanker

Beras basmati mengandung serat yang cukup tinggi sehingga baik untuk mencegah gangguan pencernaan dan kolesterol. Karena terbentuk dari gandum utuh, kandungan serat dalam beras basmati tentu lebih tinggi daripada beras biasa.

Mengonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi dapat membantu mencegah penyakit kanker kolorektal. Selain itu, antioksidn yang terdapat dalam beras basmati juga bermanfaat melawan radikal bebas penyebab kanker.

Nah, itu dia beberapa manfaat beras basmati yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat.

Disadur dari Yoursay.id 

Beras Basmati Manfaat Makanan


Loading...