LINK Live Streaming FINAL SEA Games 2023 : Timnas Indonesia U-22 VS Thailand U-22, Malam ini

LINK Live Streaming FINAL SEA Games 2023 : Timnas Indonesia U-22 VS Thailand U-22, Malam ini
(Bola.net : Google)
Editor: Epenz Sport Style —Selasa, 16 Mei 2023 13:25 WIB

Terasjabar.id - Timnas U-22 Indonesia dan Thailand U-22 akan bertarung memperebutkan medali emas sepak bola putra SEA Games 2023.

Laga final ini akan dihelat pada Selasa (16/5/2023) pukul 20.30 WIB di Stadion Olympic, Phnom Penh, Kamboja.

Garuda Muda punya ambisi tinggi, yakni membawa pulang medali emas pertama dalam 32 tahun.

Ya, terakhir kali Indonesia memenangi cabang sepak bola putra SEA Games adalah pada 1991, zamannya Aji Santoso dan kawan-kawan.

Menariknya, sukses tersebut didapat usai mengalahkan Thailand lewat drama adu penalti di partai puncak.

Sementara, Thailand U-22 bertekad mempertahankan supremasi di cabang ini. Mereka adalah tim paling dominan dengan 16 medali emas sepanjang sejarah turnamen.

Timnas U-22 Indonesia sedang dalam kondisi mental yang positif usai menundukkan Vietnam secara dramatis di semifinal.

Mereka bersemangat untuk melanjutkan tren kemenangan ini sampai laga terakhir. 

Ya, Taufany Muslihuddin dan kawan-kawan memang selalu mampu menundukkan semua lawan sejak fase grup. Filipina, Myanmar, Timor Leste, Kamboja, dan Vietnam berhasil dihabisi.

Jika mampu menang atas Thailand, medali emas akan menjadi pencapaian sempurna. Tambahan lagi, pasukan Indra Sjafri akan menjadi Timnas Indonesia pertama yang meraih podium tertinggi di era pembatasan umur (sejak 2001).

"Motivasi saya menghadapi laga final besok, saya siap menghadapi Thailand. Dan apabila dipercaya bermain, saya akan bekerja keras dan memberikan kemampuan terbaik. Fokus dan disiplin untuk meraih medali emas SEA Games tahun ini," ujar Taufany Muslihuddin, pahlawan kemennagan Indonesia U-22 atas Vietnam.

Satu hal yang menjadi pekerjaan rumah tim pelatih Indonesia adalah menemukan pengganti sepadan buat Pratama Arhan di sisi kiri pertahanan.

Tanpa Arhan yang menjalani hukuman kartu merah, opsinya ada Haykal Alhafiz (bek kiri natural) atau memindahkan Rio Fahmi seperti pada laga versus Vietnam.

Jika melihat rekam jejak, Thailand U-22 patut diunggulkan. Mereka adalah pemegang rekor medali emas terbanyak dalam sejarah sepak bola putra SEA Games, dan punya sejarah positif versus Indonesia.

Dalam 23 pertemuan di turnamen ini, Thailand menang 16 kali, imbang dua kali, dan hanya tumbang lima kali dari Tim Garuda.

Kekalahan terakhir Thailand dari Indonesia terjadi pada fase grup SEA Games 2019, ketika gol-gol Egy Maulana Vikri dan Osvaldo Haay menentukan laga di Manila.

Meski demikian, pelatih Thailand U-22, Issara Sritaro, tetap menyimpan kekhawatiran. Dia mengakui pasukannya agak kelelahan usai melakoni jadwal yang padat.

"Saya akui tim kami sangat kelelahan. Saya akan terus mengecek kondisi para pemain, termasuk cedera yang dialami," katanya.

"Melawan Indonesia di final, saya tahu mereka adalah tim bagus. Namun, saya tak bisa mengatakan apa pun sebelum pertandingan dimulai. Bagaimana hasilnya? Itu akan terjawab di lapangan," dia menambahkan.

Thailand diprediksi bakal menurunkan komposisi terbaik, termasuk sang pencetak gol terbanyak, Teerasak Poeiphimai.

Perkiraan Susunan Pemain Utama

Indonesia U-22 (4-3-3): Ernando Ari; Bagas Kaffa, Muhammad Ferarri, Rizky Ridho, Rio Fahmi; Ananda Raehan, Alfeandra Dewangga, Marselino Ferdinan; Fajar Fathur Rahman, Ramadhan Sananta, Witan Sulaeman;

Pelatih: Indra Sjafri

Thailand U-22 (4-3-3): Soponwit Rakyart; Bukkoree Lemdee, Jonathan Khemdee, Songchai Thongcham, Chatmongkol Rueangthanarot; Airfan Doloh, Channarong Promsrikaew, Purachet Thodsanit; Teerasak Poeiphimai, Achitpol Keereerom, Yotsakon Burapha;

Pelatih: Issara Sritaro

Lima Pertemuan Terakhir di SEA Games:

19/05/2022 - Thailand 1-0 Indonesia

26/11/2019 - Thailand 0-2 Indonesia

15/08/2017 - Indonesia 1-1 Thailand

13/06/2015 - Thailand 5-0 Indonesia

21/12/2013 - Indonesia 0-1 Thailand

Link Live Streaming Indonesia U-22 vs Thailand U-22 di Final SEA Games 2023

Disadur dari Skor.id

Timnas U-22 Indonesia Thailand U-22 SEA Games 2023


Loading...