Berikut Beberapa Pantangan yang Harus Dipatuhi Penderita Tipes

Berikut Beberapa Pantangan yang Harus Dipatuhi Penderita Tipes
Ilustrasi (Klikdokter : Google)
Editor: Epenz Hot News —Senin, 15 Mei 2023 15:09 WIB

Terasjabar.id -Demam tifoid atau lebih dikenal dengan tipes merupakan infeksi yang disebabkan oleh bakteri bernama Salmonella typhi. Bagi seseorang yang terkena penyakit ini, ada beberapa pantangan yang perlu diperhatikan agar tipes cepat sembuh. Dilansir oleh  alodokter.com berikut adalah 5 pantangan yang harus dipatuhi oleh pasien tipes.

1. Minum air sembarangan

Dijelaskan sebelumnya bahwa tipes terjadi karena infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Oleh sebab itu, penderita tipes tidak dianjurkan untuk minum air secara sembarangan. Usahakan untuk minum air mineral kemasan yang sudah terjamin kebersihan dan keamanannya.

Hal ini bertujuan untuk mengurangi risiko semakin memburuknya kondisi tipes apabila air yang dikonsumsi mengandung bakteri dan kuman.

2. Mengkonsumsi makanan mentah

Untuk orang Indonesia, sebenarnya hal ini cukup jarang dilakukan. karena umumnya masyarakat Indonesia mengkonsumsi makanan yang sudah dimasak. Meski begitu, sekarang tak jarang orang yang gemar mengkonsumsi sushi, steak, dan telur setengah matang.

Makanan-makanan tersebut harus Anda hindari jika sedang sakit tipes. sebaiknya makanan tersebut dimasak sampai matang agar kuman dan bakteri bisa mati. Hal ini bertujuan agar kondisi tipes tidak semakin memburuk.

3. Tidak menjaga kebersihan tangan

Bagi seseorang yang terkena tipes, disarankan untuk rajin mencuci tangan menggunakan sabun. Terutama setelah menggunakan toilet, memegang barang yang kotor, dan sebelum makan. Anda harus menyempatkan diri untuk mencuci tangan. Hal ini harus dilakukan oleh penderita tipes agar tidak terinfeksi bakteri yang berakibat buruk pada kesehatan.

4. Jajan sembarangan

Bagi seseorang yang hobi jajan, apabila Anda terkena tipes, maka harus menahan diri untuk jajan di luar. Lagi-lagi hal ini perlu dilakukan untuk menghindari adanya kontaminasi bakteri dalam jajanan tersebut. Perlu dipahami bahwa penderita tipes memiliki daya tahan tubuh yang sangat lemah.

5. Menyiapkan makanan untuk orang lain

Tipes adalah penyakit yang menular. Oleh karena itu, sebaiknya pasien tipes tidak terlalu banyak bersosialisasi agar tidak menularkan bakteri ini. Terlebih jika Anda ingin memberikan suatu makanan kepada orang lain, hal ini lebih baik tidak dilakukan.

Disadur dair Yoursay.id

Tipes Penyakit Pantangan


Loading...