Berikut Beberapa Manfaat Memakai Penutup Mata Saat Tidur yang Jarang Diketahui

Berikut Beberapa Manfaat Memakai Penutup Mata Saat Tidur yang Jarang Diketahui
Ilustrasi (Tribunnews.com : Google)
Editor: Epenz Hot News —Senin, 15 Mei 2023 13:56 WIB

Terasjabar.id -- Memakai penutup mata saat tidur dapat meningkatkan kualitas tidur. Penutup mata dapat memicu rasa ngantuk sehingga kamu mendapatkan waktu tidur yang berkualitas. Menjaga kualitas tidur sangatlah penting, jika kita tidak menjaga kualitas tidur kita. Maka akan menyebabkan berbagai penyakit seperti, tidak produktif dalam beraktivitas di pagi hari, dapat berisiko kecelakaan, hingga dapat terkena penyakit jantung dan diabetes. Di lansir dari hellosehat, empat manfaat memakai penutup mata saat tidur,

1. Melindungi Mata Dari Cahaya

Mengurangi cahaya yang terlalu terang adalah hal yang penting agar mendapatkan tidur yang berkualitas. Saat ruangan gelap akan adanya subtansi di tubuh yang bernama adenosine yang memberi sinyal bahwa ini saatnya tidur yang akan membuat kamu tertidur dengan cepat dan lelap.

Selain itu, memakai penutup mata memiliki tingkat melatonin yang tinggi, yaitu hormon yang membantu kamu mengendalikan waktu tidur.

2. Dapat Mengurangi Pembengkakan di Mata

Memakai penutup mata saat tidur bisa meredakan mata yang bengkang, hal ini bisa karena penutup mata yang terbuat dari gel. Penutup mata mempunyai aroma herbal yang bisa meningkatkan rasa rileks saat tidur juga memberikan rasa tenang.

Selain itu, memakai penutup mata saat tidur juga dapat mengurangi lingkaran mata hitam. Dan dapat memberikan perlindungan dari udara kering, debu dan bahan iritan lainnya saat malam hari. Sehingga saat kamu terbangun mata bisa menjadi merah dan kering.

Dengan begitu, memakai penutup mata bisa mencegah kamu dari gangguan masalah kesehatan mata. 

3. Dapat Membantu Tubuh Rileks

Penutup mata tidak hanya membuat kamu cepat ngantuk, tetapi juga dapat memberikan tekanan lembut di wajah kamu. Tekanan ini menghasilkan hormon melatonin dan serotonin yang bisa memberikan rasa rileks menyenangkan. Efek ini sangat berguna bagi kamu yang mengalami gangguan tidur.

4. Bisa Mencapai Fase Tidur REM

Masker penutup mata bisa membantu kifa mencapai fase tidur Rapid Eye Movement (REM). REM yaitu fase ketika tidur kamu sudah dalam tahap menjadi rileks. Saat fase REM, tidur kamu juga sudah sangat nyenyak dan dalam.

Ketika kamu sudah berhasil mencapai fase ini secara rutin dan teratur, maka tubuh kamu akan menjadi lebih sehat, di karenakan tidurnya selalu nyenyak.

Itulah 4 manfaat memakai penutup mata saat tidur, pastikan kamu memilih penutup mata yang benar, ya. Selamat mencoba.

Disadur dari Yoursay.id 

Penutup Mata Tidur Manfaat


Loading...