Mobil Pajero Sport Dijadikan Ambulans Oleh DPRD Banten Dinilai Kuran Cocok

Mobil Pajero Sport Dijadikan Ambulans Oleh DPRD Banten Dinilai Kuran Cocok
Tribun Sumsel - TribunNews.com
Editor: Malda Hot News —Minggu, 14 Mei 2023 10:34 WIB

Terasjabar.id - Mobil Pajero Sport Dijadikan Ambulans Oleh DPRD Banten Dinilai Kuran Cocok 

DPRD Banten tengah menjadi sorotan usai memilih Mitsubishi Pajero Sport sebagai ambulans. Sebab, selain kemahalan, karakter mobil tersebut dirasa kurang cocok untuk dijadikan kendaraan medis.
Diketahui, ambulans Pajero Sport yang viral itu terparkir di halaman belakang kantor DPRD Banten. Logo DPRD Banten ditempel pada bodi ambulans bernopol B-9247-XSZ tersebut, sementara tulisan 'ambulance' berada di kap mesin dan sisi samping kendaraan.

Namun, jika diperhatikan dari detail bodi dan peleknya, Pajero Sport yang dijadikan ambulans DPRD Banten tampaknya bukan Pajero Sport tipe tertinggi. Dari tampilannya, sepertinya Pajero Sport ini adalah model facelift tipe GLX 4x4 MT yang meluncur 2021 lalu. Hal itu terlihat dari lampu depan, grille, velg, dan tidak adanya spoiler di belakang.

Itu tandanya kendaraan tersebut masih memakai mesin lama berkode 4D56 2.500 cc MIVEC, bukan mesin baru 4N15. Mesin 4D56 itu punya tenaga maksimal 136 PS dan torsi puncak 324 nm. Untuk diketahui, mesin baru 4N15 hanya tersedia di Pajero Sport tipe Dakar dan Dakar Ultimate.

Sementara sasisnya berjenis ladder frame dengan dimensi panjang 4.825 mm, tinggi 1.835 mm, lebar 1.815 mm, dan ground clearance 218 mm.

Mobil tersebut juga hanya dibenamkan sejumlah fitur standar seperti semi-high contrast sebagai panel meter, audio 2DIN, remote entry system, hingga rem parkir manual.

Selain itu, fitur keamanan seperti Rear Cross Traffic Alert (RCTA), Forward Collision Mitigation System (FCM), Ultrasonic misacceleration Mitigation System (UMS), serta Blind Spot Warning (BSW) with Lane Change Assist (LCA) tidak tersedia di tipe ini.

Pajero Sport tipe GLX 4x4 MT ini adalah Pajero Sport termurah kedua setelah tipe Exceed. Meski bukan tipe tertinggi, harga Pajero Sport ini tembus Rp 500 jutaan. Mobil ini dijual dengan harga Rp 577,6 juta.

Sekretaris DPRD Banten Deden Apriandhi menjelaskan, pembelian ambulans tersebut masuk dalam pengadaan tahun ini. Menurutnya, kendaraan medis itu sengaja dihadirkan untuk layanan kesehatan di wilayah Banten.

"Sampai saat ini belum ada aturan yang mengikat, jadi kita cari yang mudah saja, kan harus terdaftar di E-Katalog," ujar Deden.


Ambulance Pajero Sport di DPRD Banten Foto: Ambulance Pajero Sport di DPRD Banten (Foto: Bahtiar/Detikcom)
Ia mengklaim kendaraan itu bisa digunakan warga di sekitar Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B). Lalu mengapa memilih Pajero? Deden mengklaim, pemilihan mobil telah disesuaikan dengan anggaran dan ketersediaan di E-Katalog.

Pengadaan Ambulans Pajero Sport Tuai Kritik


Anggota DPRD Provinsi Banten, Yeremia Mendrofa mengkritik pengadaan mobil Mitsubishi Pajero Sport sebagai ambulans. Sebab, menurut dia, pemilihan kendaraan tersebut dianggap berlebihan dan kurang tepat.

"Jadi, kalau pendapat saya sebagai anggota DPRD, ambulans Pajero tersebut terlalu berlebihan, kurang tepat," respons Yeremia Mendrofa.

Menurut Yeremia, secara urgensi, harusnya DPRD Banten bisa memilih mobil lain yang lebih masuk akal untuk dijadikan ambulans. Apalagi, kata dia, ini terkait pelayanan kesehatan di lingkungan Banten.

"Masih ada beberapa cara yang bisa dilakukan dalam peningkatan pelayanan emergency di lingkungan Setwan," kata dia.

Baca artikel detikoto, "Pajero Sport Ambulans DPRD Banten Bukan Tipe Termahal, Segini Harganya" selengkapnya https://oto.detik.com/berita/d-6719336/pajero-sport-ambulans-dprd-banten-bukan-tipe-termahal-segini-harganya.

DPRD banten Ambulans pajero Sport Mobil Medis Viral Logo DPRD


Loading...