BERIKUT Makanan yang Mililki Kandungan Kalsium Tinggi, Cocok Untuk Penderita Nyeri Sendi dan Penyakit Tulang Lainnya

BERIKUT Makanan yang Mililki Kandungan Kalsium Tinggi, Cocok Untuk Penderita Nyeri Sendi dan Penyakit Tulang Lainnya
Liputan6.com
Editor: Malda Teras Health —Minggu, 14 Mei 2023 09:47 WIB

Terasjabar.id - BERIKUT Makanan yang Mililki Kandungan Kalsium Tinggi, Cocok Untuk Penderita Nyeri Sendi dan Penyakit Tulang Lainnya 

 Kondisi kesehatan tulang dan sendi manusia dipengaruhi oleh banyak hal termasuk pilihan makanan dan minuman yang dikonsumsi setiap harinya. Seperti yang kita tahu, makanan yang kaya akan kandungan kalsium ternyata sangat baik untuk kesehatan tulang.

Namun kesehatan tulang dan sendi juga bisa menurun secara alami karena berbagai faktor seperti bertambahnya usia, cedera, maupun riwayat penyakit yang pernah diderita.

Penyakit yang sering dialami oleh orang-orang ketika memasuki usia lanjut tidak lain adalah pengapuran tulang. Menurut Alodokter, penyakit tersebut bisa terjadi karena banyak faktor, salah satunya adalah osteoarthristis.

Sayangnya, pengapuran tulang sering terjadi tanpa gejala sehingga sulit dideteksi sejak awal. Gejala seperti rasa sakit atau nyeri baru akan muncul jika kondisinya sudah parah akibat dari timbulnya peradangan.

Oleh sebab itu, agar kita dapat terhindar dari kondisi tersebut, alangkah baiknya untuk mencegahnya sejak dini. Salah satu caranya adalah dengan rutin mengonsumsi makanan yang bermanfaat untuk tulang.

Dilansir dari Harvard Health Publishing, berikut ini 5 makanan yang bisa meningkatkan kesehatan tulang dan sendi yang bisa kalian konsumsi di rumah.

1. Buah tin

Buah tin yang terkenal di negara Timur Tengah ini ternyata memiliki manfaat besar untuk meningkatkan kesehatan tulang. Buah tin menyimpan kandungan kalsium sebanyak 32,5 mg dalam setiap buahnya. Kalian bisa mengonsumsi buah tin secara langsung atau mengolahnya menjadi smoothie atau dijadikan topping untuk pizza.

2. Ikan salmon

Ikan salmon diketahui memiliki kandungan mineral dan kalsium yang tinggi sehingga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi secara rutin. Ikan salmon yang telah diolah dan dijual dalam kemasan kaleng diketahui memiliki kandungan kalsium hingga 180 mg. Wow tinggi banget ya!

3. Susu nabati

Umumnya susu diperoleh dari hewan sapi. Namun siapa sangka ternyata ada lho produk susu nabati yang diolah dari biji-bijian seperti beras, almond, dan kedelai. Setiap 8 ons susu nabati diketahui mengandung 350-400 mg kalsium, dimana jumlah tersebut hampir sebanding dengan nutrisi yang ada di dalam susu sapi.

4. Kacang almond

Kacang almond termasuk dalam biji-bijian yang tinggi nutrisi yang sangat baik untuk dikonsumsi karena memiliki manfaat untuk kesehatan jantung.

Selain itu, kandungan kalsium di dalamnya juga cukup tinggi yaitu sekitar 95 mg/cangkir kacang almond. Oleh sebab itu, gizi dalam kacang jenis ini sangat baik untuk meningkatkan kesehatan tulang dan sendi.

5. Tahu

Beruntunglah kalian yang terlahir menjadi penduduk Indonesia, karena dapat mengonsumsi tahu dengan mudah setiap harinya. Tahu terbuat dari kacang kedelai, jadi tidak heran jika kandungan kalsiumnya sangat tinggi.

Tahu juga dikenal sebagai salah satu protein nabati yang sangat mudah diolah, rasanya enak, dan sangat diperlukan tubuh untuk meningkatkan kesehatan tulang dan sendi.

Itulah lima pilihan makanan tinggi kalsium yang bisa kalian konsumsi untuk meningkatkan kesehatan tulang agar terhindar dari penyakit pengapuran tulang. Semoga bermanfaat!

(Sumber: Suara.com) 

Tulang Kesehatan Tulang makanan Tahu Penderita Nyeri Sendi


Loading...