Berikut Beberapa Buah Segar yang Ampuh Menghidrasi Tubuh

Berikut Beberapa Buah Segar yang Ampuh Menghidrasi Tubuh
Ilustrasi (Alodokter : Google)
Editor: Epenz Teras Health —Sabtu, 13 Mei 2023 14:33 WIB

Terasjabar.id -Buah-buahan adalah sumber alami yang kaya akan air dan nutrisi yang penting bagi tubuh. Dalam cuaca yang panas dan kering, penting bagi tubuh kita untuk tetap terhidrasi dengan baik. Selain minum air putih, mengonsumsi buah-buahan yang tinggi air dapat membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi. Dilansir dari MSU Extansion (food & health), berikut beberapa buah-buahan yang dapat menghidrasi tubuh agar tetap sehat.

1. Jeruk

Jeruk mengandung banyak air dan vitamin C, yang membantu menjaga sistem kekebalan tubuh dan menghidrasi tubuh dengan baik. Selain itu, jeruk juga mengandung flavonoid yang dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Kandungan air dalam jeruk sangat tinggi, sehingga dapat membantu menggantikan cairan tubuh yang hilang saat berkeringat pada cuaca yang panas. Dengan mengonsumsi jeruk secara rutin, kita dapat menjaga kesehatan tubuh dan mencegah terjadinya dehidrasi pada saat cuaca panas.

2. Stroberi

troberi merupakan buah yang memiliki rasa manis dan sangat populer sebagai camilan atau tambahan pada berbagai hidangan, baik itu kue, minuman, maupun salad. Meskipun kecil, stroberi kaya akan nutrisi, seperti vitamin C, folat, dan serat. Selain itu, stroberi terdiri dari hampir 91% air sehingga baik untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Karena rasanya yang manis dan segar, stroberi juga dapat menjadi alternatif yang lebih sehat untuk camilan manis lainnya

3. Semangka

Semangka merupakan buah yang sangat kaya akan air, sehingga sangat efektif untuk menjaga tubuh agar tetap terhidrasi. Selain itu, buah ini juga mengandung elektrolit penting seperti kalium dan magnesium, yang membantu menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh. Kalium merupakan mineral yang berperan penting dalam menjaga keseimbangan cairan dalam sel dan jaringan tubuh, serta membantu mengatur tekanan darah.

Sedangkan magnesium membantu dalam proses metabolisme dan fungsi otot dan saraf yang sehat. Dengan kandungan nutrisinya yang lengkap, semangka menjadi pilihan buah yang sangat baik untuk dikonsumsi dalam menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh.


4. Jeruk Bali

Buah yang populer karena rasanya asam, manis, dan segar yang dapat membangkitkan selera makan. Selain itu, buah ini juga kaya akan nutrisi penting seperti vitamin C, K, dan B6, serta serat dan antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh.

Dengan kandungan air sebesar 88%, jeruk bali juga sangat baik untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dan mencegah dehidrasi. Kombinasi antara nutrisi dan kandungan air yang tinggi menjadikan jeruk bali sebagai salah satu buah terbaik untuk memulai aktivitas dengan penuh energi dan kesehatan yang baik. 

5. Mentimun

Meskipun sering dianggap sebagai sayuran, mentimun sebenarnya adalah buah yang tumbuh dari bunga tanaman. Buah hijau yang renyah ini sangat populer karena kandungan airnya yang tinggi, mencapai hampir 95% dari berat buahnya. Kandungan air yang tinggi membuat mentimun menjadi buah yang sangat baik untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dan mencegah dehidrasi.

Selain itu, mentimun juga kaya akan nutrisi seperti vitamin C, K, dan B5, serta mineral seperti magnesium dan kalium. Karena rasa dan teksturnya yang segar dan renyah, mentimun juga sering dijadikan tambahan pada salad atau dimakan mentah sebagai camilan sehat. Anda juga bisa menambahkan mentimun ke dalam air untuk mendapatkan rasa yang menyegarkan dan manfaat kesehatan yang maksimal. 

Dengan menambahkan buah-buahan segar ke dalam pola makan kita, kita dapat merasakan manfaatnya secara langsung pada tubuh kita, terutama di tengah cuaca panas yang ekstrim. Selain menjaga tubuh tetap terhidrasi, buah-buahan ini juga mengandung nutrisi penting yang dapat membantu menjaga kesehatan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh kita. Oleh karena itu, jangan ragu untuk memasukkan buah-buahan ini ke dalam menu makanan kita setiap hari dan jangan lupa untuk tetap menjaga pola hidup sehat secara keseluruhan!

Disadur dari Suara.com 

Buah Buahan Vitamin C Hidrasi


Loading...