Berikut Beberapa Makanan yang Baik Dikonsumsi untuk Penderita Asma dan Cegah Kambuh

Berikut Beberapa Makanan yang Baik Dikonsumsi untuk Penderita Asma dan Cegah Kambuh
Ilustrasi (Grid.ID : Google)
Editor: Epenz Hot News —Sabtu, 13 Mei 2023 09:15 WIB

Terasjabar.id -- Ada banyak makanan yang baik dikonsumsi bagi penderita asma dan mungkin tidak semua orang mengetahuinya. Asma sendiri adalah penyakit yang tentunya berhubungan dengan masalah pernapasan. Kendati demikian, para pengidap asma harus tetap cermat dalam memilih jenis makanan yang dikonsumsi dalam setiap harinya. 

Mungkin tidak banyak orang yang menyadari kalau memilih makanan ini sangat penting dengan risiko kambuhnya asma. Pasalnya, orang yang menderita asma ini harus menjaga pola makan dengan baik yang sehat guna membantu menjaga berat badan tetap ideal. 

Bahkan dalam banyak kasus, penderita asma yang mengalami berat badan dan obesitas ini cenderung lebih lambat dalam menanggapi pengobatan saat berada di rumah sakit. Meskipun sejatinya tidak ada jenis makanan tertentu yang memang benar-benar ampuh dalam mengobati penyakit asma. 

Akan tetapi, kamu tetap harus selektif dalam memilih makanan yang bisa membantu dalam mengendalikan asma dengan cara  mencegah agar asma tidak kambuh. Seperti dirangkum dari Hellosehat, berikut ini adalah beberapa makanan yang baik dikonsumsi bagi penderita asma.

1. Asam lemak omega-3

Lemak tidak selalu buruk bagi tubuh dan dalam sebuah penelitian yang diterbitkan melalui Allergology International, lemak yang berasal dari tumbuhan dan asam lemak omega 3 ini bisa mengurangi peradangan yang mana terjadi di dalam saluran pernapasan bagi penderita asma. 

Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa kandungan asam lemak omega 3 ini baik untuk menjaga kesehatan paru bagi penderita asma. Makanan yang bisa dikonsumsi adalah minyak zaitun, biji chia, biji rami (flaxseed), dan walnut, sedangkan lemak sehat yang diperoleh dari hewan adalah seperti salmon, tuna, dan sarden.

2. Buah Apel

Dalam sebuah penelitian membuktikan bahwa buah apel ini bisa mencegah berbagai risiko penyakit. Bukti baru menyebutkan kalau apel ini bisa meningkatkan fungsi paru dan juga mengendalikan gejala asma.

Bahkan dalam sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti di Inggris menyebutkan bahwa penderita asma yang rajin mengonsumsi apel risiko mengalami serangan asma dapat lebih rendah. 

Cara mengonsumsi apel pun selain bisa dimakan langsung dalam kondisi segar, juga bisa mengolah apel menjadu jus atau smoothies dan bisa ditambahkan dengan buah lain yang baik bagi penderita asma. 

3. Wortel

Hampir semua orang pasti menyukai wortel yang terkenal karena bermanfaat dalam menjaga kesehatan mata. Akan tetapi nyatanya, wortel ini mempunyai banyak manfaat tidak hanya untuk kesehatan mata juga bagi penderita asma. 

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kandungan beta karoten dalam wortel ini bisa mengurangi serangan asma yang dipicu oleh olahraga setelah diubah oleh tubuh menjadi vitamin A. Selain itu, kandungan vitamin C dalam wortel yang berlimpah ini juga bisa membantu dalam meningkatkan daya tahan tubuh. 

Hal ini tentu saja bisa menghindari tubuh dari berbagai infeksi seperti misalnya flu dan pilek, yang dapat memicu serangan asma. Akan tetapi, kamu perlu berhati-hati dalam mengonsumsi wortel karena bagi sebagian orang ini bisa menyebabkan reaksi alergi yang justru bisa memicu gejala asma. Oleh sebab itu, sebelum mengonsumsi wortel, pastikan kamu tidak mempunyai riwayat alergi terhadap wortel apapun.

Itulah tadi beberapa jenis makanan yang bisa dikonsumsi bagi penderita asma. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. 

Disadur dari Yoursay.id 

Makanan Asma Wortel Apel


Loading...