Berikut Beberapa Rekomendasi Film Korea yang Diangkat dari Kisah Nyata

Berikut Beberapa Rekomendasi Film Korea yang Diangkat dari Kisah Nyata
(WowKeren.com : Google)
Editor: Epenz Teras Seleb —Jumat, 12 Mei 2023 13:46 WIB

Terasjabar.id -- Film yang diangkat dari kisah nyata memberikan kesan yang berbeda, bukan? Peristiwa dan kejadian nyata yang dihadirkan kembali ke dalam film, rasanya mampu memberikan efek yang lebih mencekam, dramatis dan tak jarang pula melahirkan rasa simpati yang luar biasa.

Apalagi kalau kisah yang diangkat adalah peristiwa kriminal, kerusuhan yang mencekam seperti yang tertuang dalam 4 film Korea yang direkomendasikan berikut ini! 

1. Escape from Mogadishu

Poster Film Escape from Mogadishu (IMDb)
Poster Film Escape from Mogadishu (IMDb)

Film yang dirilis pada tahun 2021 ini terinspirasi dari peristiwa nyata dalam perang saudara Somalia pada akhir 1980-an dan awal 1990-an! Dalam perang tersebut, ada dua wakil kedutaan asal Korea Utara dan Korea Selatan yang terjebak di sana.

Nah, film ini mengisahkan tentang kerjasama pelarian dari dua wakil kedutaan tersebut. Yang buat film ini menarik adalah tentang bagaimana dua orang yang berbeda ideologi, dan berasal dari dua negara yang kurang akur itu mesti satu pikiran dalam upaya menyelamatkan satu sama lain. 

2. Dark Figure of Crime

Poster Film Dark Figure of Crime (IMDb)
Poster Film Dark Figure of Crime (IMDb)

Film ini bakal kerasa sekali ketegangannya sebab diadaptasi dari kejadian nyata yang sempat diangkat di media. Pembunuhan yang tak pernah dilaporkan, serta mayat yang tak pernah ditemukan yang terjadi di Busan ialah kejadian yang mengilhami film ini.

Dark Figure of Crime berkisah tentang seorang detektif bernama Kim Hyung-min, yang suatu ketika bertemu Kang Tae-oh, seorang informan yang membawa Hyung-min pada sebuah kasus pembunuhan korban tanpa identitas.

3. The Classified File

Poster Film The Classified File (Rakuten Viki)
Poster Film The Classified File (Rakuten Viki)

Kalau film satu ini ialah film berbau investigasi yang ceritanya diadaptasi berdasarkan kasus penculikan 33 hari pada tahun 1978 di Busan. Dikisahkan seorang gadis bernama Eun-joo yang tiba-tiba menghilang tanpa jejak dan kabar. Ia kemudian dilaporkan sebagai orang hilang yang sampai dua minggu pencarian, polisi berasumsi bahwa Eun-joo sudah meninggal.

Ibu Eun-joo tidak merasa demikian, ia menyakini sang putri masih hidup. Sebab itu ibu Eun Joo mendatangi peramal terkenal yang kemudian turut menyuarakan hal yang sama dengan keyakinan ibu Eun Joo. Tak sampai di situ, si peramal turut membawa ibu Eun Joo kepada Gong Gil-yong, seorang detektif veteran yang tertarik dengan kasus Eun-joo. Akankah Eun Joo berhasil ditemukan? 

4. Children

Poster Film Children (IMDb)
Poster Film Children (IMDb)

Film yang diadaptasi dari kisah nyata selanjutnya ialah Children! Film yang dirilis pada tahun 2011 ini mengisahkan tentang kasus hilangnya lima bocah yang pergi ke Gunung Waryong pada Maret 1991. Pencarian kelima bocah tersebut berakhir tanpa ada penemuan yang berarti. Selang sebelas tahun kemudian, ditemukan tulang-tulang yang terindentifikasi sebagai bocah-bocah yang hilang waktu itu. 

Pihak kepolisian pun memutuskan untuk menyelidiki kembali kasus tersebut. Setelah diselidiki, kasus mulai mengerucut dengan seorang pemuda misterius yang diduga sebagai dalang dari pembunuhan. 

Disadur dari Yoursay.id

Drakor Rekomendasi Kisah Nyata


Loading...