Berikut Beberapa Efek Samping Mengonsumsi Kacang Mete Berlebihan

Berikut Beberapa Efek Samping Mengonsumsi Kacang Mete Berlebihan
Ilustrasi (Bisnis.com : Google)
Editor: Epenz Hot News —Kamis, 11 Mei 2023 15:53 WIB

Terasjabar.id -- Kacang mete merupakan salah satu jenis kacang yang populer di Indonesia. Kacang mete berasal dari jambu mete atau yang biasa disebut dengan jambu monyet. Kacang mete cocok dikonsumsi sebagai camilan karena rasanya yang gurih dan enak. Selain itu, kacang mete juga dapat diolah menjadi berbagai makanan seperti cokelat mete dan kacang mete pedas.

Kacang mete juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, lho. Bahkan kacang mete juga sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi sebagai camilan sehat bagi orang-orang yang sedang menjalani program diet. Meskipun begitu, mengonsumsi kacang mete secara berlebihan juga sangat tidak direkomendasikan. Melansir dari laman SehatQ, berikut ini beberapa efek samping mengonsumsi kacang mete secara berlebihan.

1. Memicu Obesitas

Kacang mete memang memiliki nutrisi yang baik untuk dikonsumsi saat diet. Namun, mengonsumsi kacang mete berlebihan juga bisa menimbulkan kenaikan berat badan atau obesitas. Hal ini disebabkan karena kandungan lemak yak jenuh dalam kacang mete memiliki konsentrasi yang lebih tinggi daripada karbohidrat dan protein. Terlalu banyak mengonsumsi kacang mete justru akan membuat berat badan menjadi meningkat karena tubuh kelebihan kalori

2. Menyebabkan Batu Ginjal

Selain mengandung lemak tak jenuh, kacang mete juga mengandung oksalat yang cukup tinggi. Kandungan oksalat dalam kacang mete ini bisa menyebabkan batu ginjal apabila dikonsumsi secara berlebihan. Kacang mete juga tidak disarankan untuk dikonsumsi penderita batu ginjal. Oleh karena itu, sebaiknya tetap batasi konsumsi kacang mete agar tidak berlebihan dan menyebabkan batu ginjal. 

3. Keracunan

Kacang mete mentah mengandung racun urushiol yang terletak di antara kulit dan kacang di dalamnya. Sebelum mengonsumsi kacang mete, pastikan bahwa kacang tersebut telah melalui proses pemanggangan atau penggorengan dan telah dibuang kulitnya untuk mencegah keracunan. Hindari mengonsumsi kacang mete mentah karena bisa menyebabkan keracunan.

4. Alergi

Beberapa orang mungkin memiliki alergi terhadap kacang-kacangan salah satunya adalah kacang mete. Gejala alergi yang bisa terjadi saat alergi kacang mete seperti muncul bentol-bentol di kulit, kulit pucat bahkan bisa menyebabkan pingsan.

Nah, itu dia beberapa efek samping mengonsumsi kacang mete berlebihan yang harus kamu waspadai. Sebaiknya konsumsi kacang mete dalam jumlah yang pas untuk mendapatkan manfaatnya. 

Disadur dari Yoursay.id 

Kacang Mete Kesehatan Makan Berlebihan


Loading...