Berikut Beberapa Penyebab Batuk pada Anak yang Tak Kunjung Sembuh

Berikut Beberapa Penyebab Batuk pada Anak yang Tak Kunjung Sembuh
Ilustrasi (Hello Sehat : Google)
Editor: Epenz Hot News —Kamis, 11 Mei 2023 14:04 WIB

Terasjabar.id -- Seperti yang kita tahu, batuk adalah hal yang lumrah dialami oleh banyak orang, termasuk anak-anak. Oleh karena itu, terkadang orang tua mengabaikan kondisi tersebut dan dianggap sebagai hal sepele.

Jika batuk itu hanya sesekali, memang bukanlah suatu masalah yang berarti. Akan tetapi, jika batuk pada anak tak kunjung sembuh, Anda sebagai orang tua wajib waspada lalu mencari tahu sebabnya dan memberikan penanganan.

Untuk itu, mari simak 5 penyebab batuk pada anak sebagaimana dilansir dari halodoc.com di bawah ini.

1. Penyakit Paru Obstruktif Kronis

Salah satu penyebab batuk pada anak yang tak kunjung sembuh adalah terkena penyakit paru obstruktif kronis. Penyakit ini akan membuat paru-paru memproduksi lendir secara berlebihan. Gejala dari penyakit ini adalah batuk berdahak yang tak kunjung sembuh.

Perlu diketahui bahwa pengidap penyakit ini cukup banyak. Untuk itu, jika batuk pada anak Anda tak kunjung sembuh, maka segera bawa ke dokter agar diperiksa lebih lanjut dan mendapatkan pengobatan yang tepat.

2. Tuberkulosis

Penyakit ini sepertinya sudah tidak asing lagi di benak Anda. Tuberkulosis atau sering disebut TBC merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis. Gejala umum dari penyakit ini adalah batuk yang terjadi secara terus menerus selama 3 minggu atau lebih.

TBC adalah penyakit berbahaya yang harus diwaspadai. Bakteri Mycobacterium tuberculosis mampu berkembang biak hingga menyebabkan kerusakan pada alveolus. Jika tidak mendapatkan perawatan yang tepat, kondisi ini dapat menyebabkan kematian.

3. Batuk rejan

Batuk yang satu ini disebabkan oleh bakteri yang menginfeksi paru-paru dan saluran pernapasan lain. Batuk rejan adalah penyakit menular yang mengakibatkan penderitanya mengalami batuk sampai 3 bulan.

Bagi anak-anak dan lansia, batuk rejan menjadi penyakit yang cukup berbahaya karena dapat menyebabkan kematian. Terlebih pada anak yang tidak mendapatkan vaksin pertusis, dia akan memiliki risiko yang lebih tinggi.

4. Pneumonia

Pneumonia atau paru-paru basah adalah infeksi di unit penukar gas paru-paru yang disebabkan oleh Streptococcus pneumoniae. Infeksi ini akan memicu inflasi pada kantong-kantong udara pada paru-paru. Akibatnya, kantong udara tersebut akan membengkak dan penuh dengan cairan.

5. Masalah kesehatan lain

Anda sebagi orang tua perlu tahu bahwa ada beberapa masalah kesehatan lain yang dapat menyebabkan batuk pada anak tak kunjung sembuh. Beberapa masalah kesehatan yang dimaksud adalah asma, bronkitis akut, infeksi saluran pernapasan, dan virus flu.


Disadur dari Yoursay.id 

Batuk Anak Penyebab Kesehatan


Loading...