Berikut Beberapa Manfaat Biji Wijen untuk Kesehatan

Berikut Beberapa Manfaat Biji Wijen untuk Kesehatan
Ilustrasi (Kompas.com : Google)
Editor: Epenz Hot News —Kamis, 11 Mei 2023 13:38 WIB

Terasjabar.id -- Mungkin banyak orang yang kurang mengenal biji wijen, padahal selain mempunyai rasa yang unik, biji wijen juga banyak manfaat untuk kesehatan.  

Kemudian manfaat biji wijen yang berasal dari tanaman Sesamum indicum ini bisa didapatkan dari kandungan serat, protein, hingga kalsium. 

Sebenarnya biji wijen ini dapat kita temukan sebagai taburan di beberapa makanan seperti onde-onde, moci, dan roti. 

Selain itu, biji wijen juga terdapat dua jenis yakni wijen putih dan wijen hitam, meskipun umumnya kandungan nutrisi biji wijen putih dan hitam ini tidak jauh berbeda. 

Akan tetapi, dalam beberapa riset menunjukkan kalau kandungan kalsium dan antioksidan antosianin lebih banyak ditemukan pada wijen hitam.

Dalam biji wijen terdapat banyak kandungan vitamin seperti vitamin B, vitamin D, kolin, dan senyawa antioksidan seperti sesamin dan flavonoid.

Kendati bentuknya kecil, namun biji wijen mengandung banyak manfaat bagi kesehatan tubuh dan salah satunya adalah bisa meningkatkan kekebalan tubuh. 

Seperti dirangkum dari Alodokter, berikut ini adalah beberapa manfaat biji wijen untuk kesehatan yang perlu kamu ketahui. 


1. Mendukung kesehatan tulang dan gigi

Dalam biji wijen ini mengandung salah satu sumber kalsium yang bisa kita jumpai dalam bagian kulit biji wijen. 

Selain kalsium, wijen juga mengandung beberapa mineral penting seperti magnesium, fosfor, kalium dan zinc. 

Apabila biji wijen ini dikonsumsi secara rutin maka dapat menjaga kesehatan tulang dan gigi serta kalsium yang terpenuhi pun bisa mencegah osteoporosis

2. Bisa menurunkan tekanan darah

Seseorang mungkin saja mengalami masalah tekanan darah tinggi atau hipertensi dan menjadi penyebab utama dari penyakit jantung ataupun stroke. 

Guna mencegah hipertensi dan tekanan darah supaya tetap stabil, kamu perlu mengonsumsi makanan yang tinggi kalium seperti biji wijen ini. 

Tidak hanya kalium, adanya kandungan antioksidan, magnesium, protein, dan serat pada biji wijen ini juga baik dalam mengontrol tekanan darah. 

Akan tetapi, supaya manfaat dari biji wijen ini lebih optimal, kamu juga perlu menjalaninya dengan pola makan sehat, rajin berolahraga dan menghindari rokok karena tidak menyehatkan.

3. Bisa mengontrol gula darah

Dalam sebuah penelitian mengungkap kalau dengan mengonsumsi biji wijen ini bisa mengontrol kadar gula darah lho. 

Hal ini karena kandungan serat, karbohidrat kompleks, antioksidan, dan aneka vitamin serta mineral yang ada dalam biji wijen tersebut. 

Kemudian, dalam biji wijen juga mempunyai indeks glikemik yang rendah, sehingga tidak cepat menurunkan gula darah. Oleh sebab itu, gula darah yang tidak terkontrol dengan baik bisa mencegah penyakit diabetes.

Itulah tadi beberapa manfaat biji wijen bagi kesehatan tubuh manusia yang mungkin jarang orang ketahui. Semoga bermanfaat. 

Disadur dari Yoursay.id 

Biji Wijen Kesehatan Manfaat


Loading...