Berikut Beberapa Jenis Makanan yang Baik Dikonsumsi untuk Menjaga Kesehatan Paru-Paru Kita

Berikut Beberapa Jenis Makanan yang Baik Dikonsumsi untuk Menjaga Kesehatan Paru-Paru Kita
Ilustrasi (CNN Indonesia : Google)
Editor: Epenz Teras Health —Rabu, 10 Mei 2023 15:26 WIB

Terasjabar.id -- Tidak hanya kesehatan tubuh bagian luar saja yang butuh dijaga, kesehatan dalam organ tubuh seperti paru-paru pun juga harus dijaga. 

Oleh karena itu, penting dalam menghindari polusi dan kebiasaan seperti merokok serta memilih makanan yang bisa membersihkan paru-paru untuk menjaga kesehatan sistem pernapasan. 

Pasalnya, paru-paru yang dibiarkan terus menerus kotor ini tentunya bisa menyebabkan beragam masalah kesehatan seperti pneumonia, penyakit paru obstruktif kronis (PPOK), hingga asma yang dapat membatasi kemampuan kamu pada saat pernapasan. 

Seperti dirangkum dari Hellosehat, berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang baik untuk menjaga kesehatan paru-paru. 

1. Wortel

Wortel adalah makanan sehat bagi paru-paru karena di dalamnya terdapat kandungan karotenoid yang bisa mengurangi efek radikal bebas. 

Kemudian karotenoid juga bisa mengurangi risiko kanker paru-paru yang mana dengan cara memperbaiki kapasitas tampungan oksigen terhadap orang-orang yang mempunyai asma. 

Adapun salah satu jenis karotenoid adalah  lycopene, yang diketahui bisa mengurangi peradangan pada saluran pernapasan. 


Adanya beta karoten dalam wortel juga bisa diubah oleh tubuh menjadi vitamin A sehingga bisa mengurangi penyakit asma yang kambuh akibat olahraga. 

2. Apel

Buah apel juga baik dalam menjaga paru-paru supaya lebih sehat hal ini karena kandungan vitamin C yang melimpah yang dapat menangkal flu, pilek dan PPOK. 

Apa itu PPOK? Ini adalah penyakit seperti gangguan paru-paru termasuk emfisema dan bronkitis kronis.

Dengan kandungan vitamin C pada buah apel ini bisa mencegah dan mengendalikan gejala asma pada ibu hamil dan risiko anak yang mengidap mengi. 

3. Bawang putih

Makanan yang bisa membersihkan paru-paru lainnya adalah bawang putih karena adanya kandungan mineral seperti selenium dan alisin yang bisa melancarkan darah ke dalam paru-paru. 

Kemudian kandungan mineralnya adalah seperti magnesium yang dapat mengendurkan otot-otot di sekitar bronkus supaya saluran pernapasan tetap terbuka kendati terjadi  penyempitan bronkus yang juga bisa menjadi penyebab asma.

Selain bawang putih, makanan yang bisa membersihkan paru-paru lainnya karena mengandung selenium dan magnesium adalah  sayuran hijau, gandum, daging sapi dan ayam, ikan, dan telur.

4. Yoghurt

Dalam sebuah penelitian dari universitas Shahid Beheshti pada tahun 2013 menunjukkan kalau yoghurt juga baik untuk sistem pernapasan manusia.

Dimana penelitian ini diikuti oleh 46 perenang dan menunjukkan kalau yoghurt dapat mengurangi risiko gejala infeksi pernapasan yang biasanya  dialami oleh para perenang.

Pasalnya, yoghurt merupakan produk olahan susu yang kaya akan kalium, fosfor, mineral, dan vitamin lain yang bagus dalam menjaga paru-paru agar lebih sehat. 

Itulah tadi beberapa jenis makanan yang baik dikonsumsi untuk menjaga paru-paru supaya lebih sehat. Semoga bermanfaat. 



Disadur dari Yoursay.id 

Kesehatan PPOK Makanan Pernapasan


Loading...