Bocah Berusia 4 Tahun di Sikka Meninggal Usai Digigit Anjing Rabies, Sempat 2 Kali Diberi Vaksin

Bocah Berusia 4 Tahun di Sikka Meninggal Usai Digigit Anjing Rabies, Sempat 2 Kali Diberi Vaksin
ilustrasi (Tribunnewsmaker.com : Google)
Editor: Epenz Hot News —Rabu, 10 Mei 2023 15:18 WIB

Terasjabar.id - S (4) bocah asal Desa Habi, Kecamatan Kangae, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT) meninggal dunia di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tc. Hillers Maumere, Senin (8/5/2023).

Ia meninggal saat sedang menjalani perawatan di rumah sakit itu akibat digigit anjing rabies. "Korban meninggal sekitar pukul 13.50 Wita. Ini untuk kesekian kalinya korban meninggal akibat rabies," ujar Sekretaris Komite Anti Rabies Flores Lembata Asep Purnama dalam keterangannya, Senin.

Asep menuturkan, korban sebelumnya digigit anjing di bagian wajah pada Senin (24/5/2023). Selanjutnya ia dirawat di rumah sakit. Sementara otak anjing dikirim ke Balai Besar Veteriner (BBVet) Denpasar, Bali.

Berdasarkan hasil pemeriksaan menunjukkan positif rabies. Menurut Asep, persoalan tingginya anjing yang tertular rabies di Kabupaten Sikka perlu segera dicari solusi. Jika tidak, korban manusia meninggal akibat rabies akan terus bertambah.

Ia berharap cakupan vaksinasi anjing (HPR) terus ditingkatkan, minimal di atas 70 persen.

Jika digigit anjing, segera lakukan cuci luka dengan sabun dan air mengalir dan segera mendapatkan vaksinasi sesuai indikasi di puskesmas atau layanan kesehatan terdekat. "Biarlah S menjadi korban terakhir, dan bahkan menjadi martir yang menggugah kita semua untuk terbangun dan bersatu padu mengusir virus rabies," pungkasnya.


Disadur dari Kompas.com 

Desa Habi Kabupaten Sikka NTT Bocah 4 Tahun


Loading...