Berikut Beberapa Alasan Seseorang Enggan Menjalin Hubungan Pertemanan

Berikut Beberapa Alasan Seseorang Enggan Menjalin Hubungan Pertemanan
ilustrasi (Pijar Psikologi : Google)
Editor: Epenz Hot News —Rabu, 10 Mei 2023 14:59 WIB

Terasjabar.id -- Menjalin hubungan pertemanan, akan meningkatkan rasa solidaritas serta terjalinnya keakraban antara satu sama lain. Terutama bagi mereka yang memiliki teman yang banyak dan telah terjalin hubungan pertemanan selama bertahun-tahun bisa saling menghargai dan memahami watak dan kepribadian masing-masing. 

Namun, ternyata tak sedikit orang yang tak ingin menjalin hubungan pertemanan, lho. Hubungan pertemanan memang tak selamanya mudah untuk dijalani. Adanya perbedaan pendapat kerap kali ditemui dalam pertemanan, sehingga beberapa orang kerap menghindari terjalinnya ikatan tersebut. 

Lantas apa yang menyebabkan seseorang engga menjalin hubungan pertemanan? Untuk cari tahu, yuk simak pemaparannya di bawah ini. 

1. Timbulnya perasaan sakit hati

Bisa jadi sebelumnya pernah memiliki lingkaran pertemanan. Namun, karena ada suatu masalah, bisa menjadikan seseorang merasa sakit hati terhadap temannya tersebut. 

Rasa sakit hati yang teramat sangat, sehingga membuatnya cukup menghindari terjalinnya pertemanan. Sebab, tak ingin mengulang rasa sakit yang sama seperti dulu. 

2. Perasaan trauma dan takut

Trauma dan takut bisa menjadi alasan seseorang enggan untuk berteman. Terutama bagi seseorang yang memiliki pengalaman buruk dengan teman sebelumnya.

Maka dari itu, seseorang tersebut enggan untuk berinteraksi dengan teman yang lain karena takut akan mengalami kejadian serupa yang terulang.

3. Tidak adanya waktu luang atau sibuk

Kesibukan bisa menjadi seseorang tak ingin menjalin hubungan pertemanan. Seseorang akan berpikir karena kesibukannya dan tidak adanya waktu luang untuk berkomunikasi maupun interaksi sehingga untuk apa menjalin pertemanan. 

4. Rasa tidak percaya diri dan malu

Salah satu alasan lain seseorang tak ingin menjalin hubungan pertemanan karena merasa malu dan tidak percaya dirinya lebih tinggi untuk berinteraksi. Selain itu, bisa jadi merasa malu akan penampilannya yang tidak sepadan dengan orang lain. 

Karena adanya rasa malu dan tidak percaya diri ketika melihat orang lain, maka dia bisa berpikir orang akan menilai buruk jika bergaul dengan mereka sehingga seseorang tersebut menjadi engga untuk berinteraksi dalam menjalin pertemanan dan memilih untuk menyendiri.

Disadur dari Yoursay.id 

hubungan Pertemanan Sakit Hati Trauma


Loading...