Berikut Beberapa Manfaat Keong Sawah bagi Kesehatan Tubuh

Berikut Beberapa Manfaat Keong Sawah bagi Kesehatan Tubuh
Ilustrasi (Halodoc : Google)
Editor: Epenz Kuliner —Selasa, 9 Mei 2023 14:48 WIB

Terasjabar.id -- Keong sawah atau tutut sering dianggap hama oleh para petani karena bisa merusak tanaman. Meski begitu, tak sedikit orang yang justru memanfaatkan hama ini untuk dijadikan produk olahan yang nikmat dan lezat.

Namun, selain nikmat untuk disantap, keong sawah juga mampu menyehatkan tubuh. Dilansir hellosehat.com berikut adalah 6 manfaat keong sawah bagi kesehatan tubuh.


1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Keong sawah mengandung vitamin A, B, dan C. Beragam vitamin tersebut diketahui mampu meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga membuat tubuh lebih kuat dalam menghalau beragam jenis penyakit.

2. Sebagai sumber protein

Keong sawah adalah salah satu sumber protein yang cukup tinggi. Protein dibutuhkan oleh tubuh untuk membangun sekaligus memperbaiki sel jaringan agar tetap berfungsi dengan semestinya.

Tak hanya itu, kandungan protein dalam keong sawah juga berkhasiat untuk membantu proses penyembuhan serta pemulihan setelah jatuh sakit.

3. Baik untuk pertumbuhan tulang pada anak

Mengkonsumsi keong sawah sangat bagus untuk anak-anak karena mampu membantu memenuhi kebutuhan protein selama masa pertumbuhan.

Keong sawah mengandung protein dan kalsium, kandungan tersebut sangat diperlukan oleh anak-anak selama masa pertumbuhan untuk pembentukan tulang dan gigi.

4. Membantu mengontrol kolesterol

Meskipun keong sawah mengandung lemak, namun jenis lemak dalam hewan ini adalah lemak tak jenuh. Lemak ini tidak akan meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Dalam jurnal Food Research pada 2020 dijelaskan bahwa lemak yang terdapat dalam keong sawah adalah asam lemak tak jenuh yang dapat mengurangi tingkat kolesterol.

5. Mencegah anemia

Manfaat selanjutnya dari mengkonsumsi keong sawah adalah membantu mencegah anemia. Keong sawah mengandung zat besi cukup tinggi yang berguna untuk membentuk sel darah merah dan sel otot.

Diketahui bahwa kekurangan zat besi dapat menyebabakan anemia. Gejala anemia diantaranya adalah mudah lelah, kulit pucat, pusing, nyeri dada, dan kehilangan nafsu makan.

6. Membantu menutrisi ota

Kandungan asam lemak tak jenuh dalam keong sawah sangat baik untuk kesehatan otak sekaligus dapat memberikan pasokan nutrisi pada otak.

Lemak ini merupakan asam lemak omega-3 dan omega-6. Asam lemak omega-3 berguna untuk mengurangi stres oksidatif, mengoptimalkan perkembangan otak pada anak, dan meningkatakan daya ingat.

Sementara itu, asam lemak omega-6 pada keong sawah dapat membantu meningkatkan fungsi sel-sel saraf pada otak.

Disadur dari Yoursay.id 

Keong Sawah Manfaat Kesehatan Tubuh


Loading...