REKOMENDASI 9 Buah yang Cocok Untuk Diet, Enak-Enak Semua Kok !

REKOMENDASI 9 Buah yang Cocok Untuk Diet, Enak-Enak Semua Kok !
Editor: Malda Teras Health —Senin, 8 Mei 2023 15:50 WIB

Terasjabar.id -- Kenaikan berat badan masih ancaman setelah momen Lebaran. Berbagai makanan sarat lemak saat Lebaran berisiko meningkatkan berat badan setelahnya.
Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa mengonsumsi beberapa makanan pembakar lemak. Salah satunya kumpulan buah untuk diet berikut ini.

Buah adalah salah satu pilihan camilan sehat yang dikemas dengan vitamin, serat, dan nutrisi lain yang mendukung kesehatan. Buah juga umumnya rendah kalori dan tinggi serat.

Buah untuk diet
Ada beberapa buah terbaik untuk menurunkan berat badan. Berikut di antaranya, mengutip berbagai sumber.

1. Apel
Apel adalah salah satu buah terbaik untuk diet. Mengutip Everyday Health, buah satu ini tinggi serat tapi rendah kalori. Hal ini membuat apel jadi pilihan bijak bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan.

Makanan dengan serat tinggi dapat membantu memperlambat pencernaan dan membuat Anda merasa lebih kenyang dalam waktu lama. Untuk rasa kenyang yang maksimal, jangan kupas kulit apel saat memakannya.

2. Jeruk
Jeruk berukuran sedang menyediakan 3,14 gram serat. Namun, hal ini hanya berlaku jika Anda mengonsumsi jeruk secara utuh, tidak dalam bentuk jus.

3. Alpukat
Ilustrasi. Alpukat, salah satu buah terbaik untuk diet. (iStockphoto/Milan Krasula)
Alpukat juga bisa dijadikan sebagai buah pembakar lemak. Asam lemak tak jenuh pada alpukat telah terbukti dapat meningkatkan rasa kenyang.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Nutrients menunjukkan bahwa konsumsi alpukat membuat orang dengan kelebihan berat badan tak lagi merasa lapar setelah enam jam konsumsi.

4. Pisang
Banyak orang menghindari pisang karena kandungan karbohidratnya. Padahal, itu adalah anggapan yang salah.

Sebagian karbohidrat dalam pisang berupa serat pektin dan pati resisten. Selain dapat membantu mengatur kadar gula darah, keduanya juga dapat berfungsi seperti serat dengan memperlambat pencernaan sehingga membuat rasa kenyang bertahan lama.

5. Nanas
Nanas memiliki kandungan air yang tinggi. Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa hidrasi yang baik dapat membantu menurunkan berat badan.

6. Buah beri
Buah beri merupakan pembangkit energi yang rendah kalori. Selain itu, buah ini juga terbukti mengenyangkan.

Mengutip Healthline, sebuah studi kecil menemukan bahwa orang yang diberi camilan beri mengonsumsi makanan dengan kalori yang lebih sedikit pada makan berikutnya.

7. Plum
Plum merupakan salah satu buah dengan indeks glikemik (GI) yang rendah. Buah dengan kalori dan GI yang rendah dikenal dapat membantu seseorang dalam menurunkan berat badan.

8. Kiwi
Kiwi adalah buah yang sangat padat nutrisi. Buah dengan daging berwarna hijau juga merupakan sumber serat yang kaya.

Sebuah penelitian menemukan, konsumsi dua kiwi per hari selama 12 minggu dapat membantu mengurangi ukuran lingkar pinggang hingga 3,1 sentimeter.

9. Melon
Melon juga dikenal sebagai buah rendah kalori. Selain itu, melon juga mengandung banyak air. Kedua hal tersebut membuat melon cocok jadi buah untuk diet terbaik.

Baca artikel CNN Indonesia "9 Buah Terbaik untuk Diet , Bye Bye Lemak" selengkapnya di sini: https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20230427111752-262-942545/9-buah-terbaik-untuk-diet-bye-bye-lemak.


Rekomendasi Buah Diet Viral Camilan Sehat Buah Enak


Loading...