Valentino Rossi Tanggapi Penonton MotoGP yang Makin Merosot

Valentino Rossi Tanggapi Penonton MotoGP yang Makin Merosot
Kompas
Editor: Malda Hot News —Jumat, 5 Mei 2023 15:31 WIB

Terasjabar.id -Valentino Rossi Tanggapi Penonton MotoGP yang Makin Merosot 

Sejak satu-dua musim terakhir, penonton MotoGP terus mengalami penurunan. Bahkan, musim lalu, ada sejumlah sirkuit di Eropa yang jumlah audiensnya berkurang nyaris 50 persen dari tahun sebelumnya. Lalu, apa tanggapan Valentino Rossi mengenai ini?
Banyak yang mengira, MotoGP mulai ditinggalkan penonton usai Rossi memutuskan pensiun dua musim lalu. Sebab, dia dianggap sebagai tokoh ikonik yang memiliki banyak penggemar.

Disitat dari Motorsport, Rossi membenarkan, dirinya membuat MotoGP banyak disaksikan penonton dari berbagai kalangan. Namun, dia tak mau mengatakan, kejuaraan tersebut ditinggal banyak penonton usai dirinya pensiun.


Lagipula, tambah Rossi, MotoGP musim ini akan menyedot lebih banyak penonton. Sebab, selain persaingan antarpebalap yang makin ketat, ada tambahan sesi Sprint Race yang diyakini akan menggoda penonton untuk datang langsung di hari Sabtu.

"Sesuatu yang sedikit istimewa terjadi pada saya, karena ada banyak orang yang kemudian suka MotoGP karena saya. Orang-orang dari Italia dan seluruh dunia," ujar Rossi, dikutip Jumat (5/5).

"Sekarang, katakanlah tingkat popularitas MotoGP telah kembali normal, seperti sebelum saya muncul. Formula baru sedang dicoba, seperti Sprint Race untuk menarik lebih banyak penonton. Saya yakin kejuaraan ini berhasil. Sangat menyenangkan bisa nonton MotoGP di TV atau tribun," tambahnya.

Lebih jauh, Rossi juga bicara soal Formula 1 (F1) yang belakangan digilai banyak penonton. Padahal, kejuaraan jet darat tersebut sempat redup selama bertahun-tahun.

Menurutnya, MotoGP juga bisa mengikuti jejak Formula 1. Dia berharap, ada strategi atau pendekatan baru dari Dorna sebagai promotor untuk meningkatkan lagi popularitas MotoGP di mata dunia.

"Formula 1 telah mengikuti konsep yang sangat Amerika; sesuatu yang mirip dengan NBA, yakni berfokus pada pertunjukan dan hiburan. Dalam beberapa tahun terakhir, popularitas yang diraihnya sangat mengerikan," ungkapnya.

"Saya pikir MotoGP juga bisa melakukannya. Seperti apa? Saya tidak tahu. Tapi potensinya ada di sana," kata Rossi menambahkan.

Baca artikel detikoto, "Komentar Valentino Rossi soal MotoGP yang Mulai Sepi Penonton" selengkapnya https://oto.detik.com/otosport/d-6705049/komentar-valentino-rossi-soal-motogp-yang-mulai-sepi-penonton.


Valentino Rossi MotoGP Penonton Eropa Viral Penonton Sepi VR46


Loading...