Berikut Manfaat Jambu Kristal bagi Kesehatan Tubuh

Berikut Manfaat Jambu Kristal bagi Kesehatan Tubuh
Ilustrasi (Kompas.com : Google)
Editor: Epenz Hot News —Jumat, 5 Mei 2023 14:52 WIB

Terasjabar.id -- Jambu kristal belakangan ini sedang populer di kalangan masyarakat. Mempunyai tekstur buah yang renyah dan lembut, dengan rasa yang sedikit asam dan manis membuat jambu ini cocok dijadikan sebagai bahan lotisan yang menyegarkan.

Namun selain memiliki rasa yang enak dan segar, jambu kristal juga mampu menyehatkan tubuh. Dilansir dari alodokter.com berikut adalah 7 manfaat jambu kristal bagi kesehatan.

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Jambu kristal kaya akan vitamin C dan antioksidan. Kandungan tersebut berkhasiat untuk membantu meningkatkan imunitas tubuh. dengan begitu, mengkonsumsi jambu kristal akan membuat tubuh terhindar dari infeksi virus dan bakteri penyebab penyakit.

2. Mencegah dan mengatasi sembelit

Jambu kristal juga berkhasiat untuk mencegah dan mengobati sembelit. Manfaat ini berasal dari kandungan pektin atau serat dalam jambu kristal yang dapat melancarkan saluran cerna.

3. Mengatasi diare

Selain mencegah sembelit, diketahui juga bahwa jambu kristal dapat digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi diare. Untuk mendapatkan manfaat ini, kamu perlu mengkonsumsi ekstrak daun jambu kristal yang bersifat antidiare.

4. Membantu mengurangi tanda-tanda penuaan

Buah-buahan yang kaya akan vitamin C termasuk jambu kristal memilki manfaat yang cukup baik bagi kesehatan kulit. Salah satu manfaatnya adalah mencegah dan mengurangi keriput pada kulit.

Selain itu, kandungan vitamin C yang cukup tinggi dalam buah ini juga bermanfaat untuk mengatasi jerawat, bintik hitam, serta melindungi kulit dari efek paparan sinar matahari.

5. Mengobati batuk

Manfaat selanjutnya dari jambu kristal adalah khasiatnya dalam mengobati batuk. Jambu kristal memiliki sifat antibakteri, dengan begitu, mengkonsumsi jambu ini mampu mengatasi batuk yang disebabkan oleh bakteri.

6. Mengatasi infeksi di mulut

Dijelaskan di poin sebelumnya bahwa jambu kristal memiliki sifat antibakteri. Hal ini membuat jambu kristal berguna untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan pada mulut yang disebabkan oleh bakteri. Diantaranya adalah sariawan, gusi bengkak, dan bau mulut.

7. Menghambat pertumbuhan sel kanker

Jambu kristal mengandung flavonoid, tanin, dan terpenoid. Kandungan tersebut memiliki peranan yang cukup penting dalam menghambat pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh.

Nah, itulah 7 manfaat jambu kristal bagi kesehatan, semoga bermanfaat.

Disadur dari Yoursay.id

Jambu Kristal Manfaat Kesehatan


Loading...