Berikut Beberapa Tanda Kamu Sudah Toksik pada Diri Sendiri

Berikut Beberapa Tanda Kamu Sudah Toksik pada Diri Sendiri
Ilustrasi (parapuan : Google)
Editor: Epenz Hot News —Jumat, 5 Mei 2023 13:38 WIB

Terasjabar.id -- Toksik adalah sebuah istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan perilaku atau sikap yang merusak atau mempengaruhi orang lain secara negatif. Namun, toksisitas ternyata juga dapat terjadi pada diri sendiri, ketika seseorang memiliki perilaku atau sikap yang cenderung merusak diri sendiri. 

Berikut empat tanda bahwa kamu sudah toksik pada diri sendiri, mulai sering terkekang pikiran negatif sampai enggan memperbaiki diri. 

1. Membatasi diri dengan pemikiran negatif

Salah satu tanda bahwa kamu sudah toksik pada diri sendiri terlihat dari sikap yang terus-menerus membatasi diri dengan pemikiran negatif. Hal ini bisa berupa meremehkan atau bahkan berbicara buruk tentang diri sendiri di hadapan orang lain. Dampaknya, akan muncul perasaan rendah diri yang dapat mempengaruhi kepercayaan diri dan kemampuan untuk mencapai tujuan.

2. Meremehkan kesehatan fisik dan mental

Bisa dibilang kesehatan fisik dan mental sangat penting untuk menjalani kehidupan yang sehat dan bahagia. Saat kamu sering mengabaikan kesehatan fisik dan mental, hal ini bisa menjadi tanda adanya indikasi toksik pada diri sendiri.

Misalnya, kamu mungkin meremehkan pentingnya tidur yang cukup, pola makan yang sehat, olahraga dan waktu luang untuk relaksasi. Hal ini dapat menyebabkan stres dan kelelahan yang berdampak pada kesehatan fisik dan mental.

3. Tidak dapat mengontrol emosi

Ketika kamu merasa sulit untuk mengontrol emosi, seperti marah atau cemas, hal ini dapat menjadi tanda bahwa toksisitas pada diri sendiri. Seringnya merasa cemas, takut, atau mudah marah dan kesal dapat mempengaruhi hubungan dengan orang lain dan mengganggu keseimbangan emosional. Hal ini dapat memicu kecemasan, depresi, atau bahkan serangan panik.

4. Menolak untuk memperbaiki diri


Tidak ada yang sempurna di dunia ini dan akan selalu ada ruang untuk memperbaiki diri. Namun, saat kamu menolak untuk memperbaiki diri atau kesalahan yang dilakukan, ini bisa menjadi tanda bahwa kamu sudah toksik pada diri sendiri. 

Kamu mungkin merasa takut atau malu untuk mengakui kesalahan hingga menyebabkan tidak bisa belajar dari pengalaman. Pada akhirnya hal ini akan memperburuk situasi dan membuatmu terjebak dalam pola hidup yang merugikan.

Toksisitas pada diri sendiri memang dapat terjadi pada siapa saja dan mempengaruhi keseluruhan aspek kehidupan. Saat kamu mulai memiliki keempat tanda di atas, penting untuk segera mencari bantuan dan mendapatkan dukungan dari orang yang bisa dipercaya, seperti teman, keluarga, atau bantuan profesional jika memang diperlukan.

Disadur dari Yoursay.id 

Toksik Pikiran Negatif Sikap Pengaruh


Loading...