Mudah Ditemukan, Inilah 5 Minuman untuk Asam Lambung

Mudah Ditemukan, Inilah 5 Minuman untuk Asam Lambung
Ilustrasi (KONTAN : Google)
Editor: Epenz Teras Health —Rabu, 3 Mei 2023 12:48 WIB

Terasjabar.id -- GERD atau penyakit asam lambung bisa menyerang siapa pun. Pada umumnya asam lambung terjadi ketika otot kerongkongan bagian bawah melemah. Ini menyebabkan asam lambung segera naik ke kerongkongan. 

Pola makan yang buruk, merokok, mengalami obesitas, stres, hingga mengonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan dapat meningkatkan risiko terserang asam lambung. Gejalanya pun sangat beragam, seperti sensasi seperti terbakar di dada, mual, dan nyeri ulu hati. 

Untuk meredakan atau mengurangi gejala asam lambung (GERD), ada beberapa hal yang dapat dilakukan, salah satunya dengan minuman untuk asam lambung. Bukan hanya untuk meredakan keluhan yang diderita, beberapa jenis minuman ini juga mudah ditemukan ataupun dibuat di rumah.

Menyadur dari Alodokter dan Halodoc, berikut beberapa minuman untuk pengidap asam lambung.

1. Air Kelapa

Air kelapa dipercaya dapat mengatasi keluhan asam lambung. Sebaiknya konsumsi air kelapa tanpa gula tambahan maupun pemanis buatan. Hal ini karena air kelapa diperkaya akan kandungan elektrolit seperti kalium.

Kandungan tersebut mampu meredakan naiknya asam lambung dengan menjaga keseimbangan pH atau tingkat keasaman dalam tubuh. Dengan begitu gejala asam lambung dapat dikontrol.

2. Air Putih

Siapa sangka ternyata air putih ampuh meredakan asam lambung. Air putih dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan. Mengonsumsi air putih juga bisa meringankan gejala yang ditimbulkan oleh penyakit asam lambung.

3. Teh Chamomile

Teh chamomile merupakan salah satu jenis teh herbal yang dapat membantu meredakan gejala asam lambung yang naik. Diketahui teh chamomile ini memiliki kandungan senyawa akif yang bersifat antiradang.

Inilah mengapa minuman ini dipercaya dapat mengatasi peradangan maupun iritasi di kerongkongan yang disebabkan oleh meningkatnya asam lambung.

4. Jahe

Jahe juga dapat digunakan sebagai obat herbal dalam mengatasi asam lambung. Hal ini dikarenakan jahe bersifat antiradang, sehingga dapat membantu mengurangi gejala asam lambung yang naik. Bahkan, mengonsumsi wedang jahe juga berkhasiat untuk meredakan gangguan pencernaan lain seperti diare atau sakit perut.

Kamu dapat minum rebusan air jahe secukupnya agar asam lambung dapat teratasi. Selain itu, tidak disarankan mengonsumsinya lebih dari delapan gelas sehari.

5. Jus Buah Segar

Jus buah segar yang memiliki kandungan asam rendah, seperti melon, semangka, pir, pisang, dan juga apel, dipercaya dapat membantu meredakan asam lambung. Sedangkan jus buah yang mengandung tinggi asam, seperti anggur, tomat, dan juga jeruk justru perlu dihindari.

Pasalnya beberapa jenis jus buah tersebut bisa mengiritasi kerongkongan dan menyebabkan gejala asam lambung semakin parah.

Ketika mengalami gangguan asam lambung, kamu dapat mencoba meminum beberapa jenis minuman ini. Namun demikian, tetap konsultasikan pada tenaga kesehatan terdekat dan jangan mengonsumsinya secara berlebihan.

Disadur dari Yoursay.id 

GERD Asam Lambung Minuman


Loading...