5 Manfaat Membersihkan Lidah, Salah Satunya Bisa Mennghilangkan Bau Mulut Loh !

5 Manfaat Membersihkan Lidah, Salah Satunya Bisa Mennghilangkan Bau Mulut Loh !
Gambar ilustrasi mStar/ Google
Editor: Malda Teras Health —Sabtu, 29 April 2023 08:39 WIB

Terasjabar.id - Sikat gigi? Itu sudah biasa kamu lakukan dua kali sehari. Lalu, bagaimana dengan sikat lidah? Pasti banyak yang tidak ngeh! Setelah sikat gigi dan flossing, padahal tinggal pakai sikat lidah atau tongue scraper untuk membersihkan permukaan lidah.

Seperti flossing, menyikat lidah sering kali terlupakan. Padahal, menyikat lidah bisa bermanfaat untuk kesehatan. Bukan hanya mulut, melainkan tubuh juga. Yuk, dibiasakan, inilah beberapa manfaat gosok lidah untuk kesehatan!

1. Meningkatkan kesehatan rongga mulut

Menurut data National Institutes of Health (NIH), rongga mulut kita dipenuhi oleh setidaknya 700 spesies mikroorganisme. Sementara beberapa memang berguna, tetapi tidak sedikit mikroorganisme yang justru menyebabkan kerusakan di rongga mulut.

Sikat gigi dan flossing bisa membersihkan mikroorganisme merugikan ini. Akan tetapi, mikroorganisme yang buruk tersebut juga bisa menumpuk di lidah. Tidak cukup dengan sikat gigi biasa, menggosok lidah dengan tongue scraper bisa jadi solusi.

Sebuah studi di Jepang yang dimuat dalam jurnal BMC Oral Health pada 2014 menguji keampuhan gosok lidah ditambah rutinitas gosok gigi seperti biasa. Hasilnya, meski hanya diuji selama tiga hari, menggosok lidah mengurangi jumlah mikroorganisme di lidah, sehingga meningkatkan kesehatan rongga mulut secara keseluruhan.

Sementara terdengar menjanjikan, tetapi studi tersebut hanya mencakup partisipan dengan jumlah minim (30 partisipan saja) dan durasi penelitian tergolong sebentar (tiga hari). Oleh karena itu, perlu studi dengan skala besar dan durasi lebih lama untuk mengonfirmasi temuan ini.

2. Meningkatkan indra perasa


Lidah terasa tidak keruan saat mencoba hidangan atau minuman? Gosok lidah bisa jadi solusi. Dilansir Cleveland Clinic, menggosok permukaan lidah sama dengan merasakan makanan dengan indra perasa yang "baru nan segar". Bukan cuma itu, lidah jadi lebih sensitif terhadap rasa.

Klaim ini sempat dibuktikan dalam sebuah studi di Belgia pada tahun 2004. Membersihkan lidah ditemukan meningkatkan kemampuan indra perasa, terutama saat merasakan rasa pahit dan asin. Selain itu, saat diujikan, ternyata tongue scraper jauh lebih efektif dalam meningkatkan indra perasa dibanding sikat gigi.

Meski menjanjikan, perlu diingat, bahwa studi ini hanya mencakup sedikit partisipan. Oleh karena itu, perlu penelitian lebih lanjut untuk benar-benar mengonfirmasi manfaat ini.

3. Napas jadi lebih segar

Bukan cuma menjatuhkan rasa percaya diri, napas berbau tak sedap bisa jadi tanda rongga mulut yang tak terawat. Menurut Johns Hopkins Medicine, saat makanan menumpuk di gigi, sela gusi, hingga permukaan lidah, makanan bisa membusuk sehingga menimbulkan bau mulut tak sedap.

Sikat gigi dan flossing umumnya jadi solusi. Namun, beberapa mikroorganisme di lidah bisa berinteraksi dengan sisa makanan sehingga memicu senyawa sulfur yang berbau tak sedap. Oleh karena itu, menggosok lidah dengan tongue scraper bisa membantu.

Sebuah studi di Amerika Serikat pada tahun 2005 menguji klaim ini terhadap 60 partisipan dengan penyakit gusi dan gigi. Sebelum studi, sekitar 42 persen mengeluhkan napas berbau tak sedap. Setelah satu minggu menggosok lidah dua kali sehari, persentase tersebut turun ke 30 persen. Selain itu, jumlah mikroorganisme pun ikut turun. 

Selain itu, sebuah analisis di Taiwan dimuat dalam jurnal Nursing Research tahun 2013 juga ikut membuktikan manfaat gosok lidah terhadap napas. Digabung dengan gosok gigi, gosok lidah menurunkan risiko halitosis. Oleh karena itu, selain gosok gigi dan flossing, alangkah baiknya jika menggosok lidah juga.

4. Memijat organ dalam


Dalam praktik ayurweda, menggosok lidah disebut sebagai "Jihwa prakshalana". Menurut Ayurvedic Institute, ayurweda percaya bahwa lidah adalah "peta" organ dalam, yang mencakup:

Jadi, jika ada penumpukan di daerah lidah tertentu, hal ini menandakan adanya racun dalam organ tersebut (contohnya, jika ada penumpukan kotoran di belakang lidah, berarti ada racun di usus halus dan usus besar). Dengan menggosok lidah, kamu bukan hanya menyingkirkan racun, melainkan memijat organ dalam tersebut.

5. Melancarkan saluran pencernaan

5 Potensi Manfaat Menggosok Lidah, Bukan Cuma Usir Bau Mulutilustrasi pencernaan yang sehat (pexels.com/Anete Lusina)

Selain memijat organ dalam dan menyingkirkan racun, ilmu ayurweda meyakini bahwa penumpukan di permukaan lidah menandakan masalah pencernaan. Masalah tersebut adalah bahwa pencernaan tak menyerap nutrisi secara optimal. Jadi, menggosok lidah bisa menyelesaikan masalah tersebut?

Sebuah studi di Jepang yang dimuat dalam Complementary Therapies in Medicine tahun 2018 menemukan dasar dari klaim tersebut. Melibatkan 57 partisipan yang menggosok lidahnya tiap pagi selama empat minggu, para partisipan tak lagi merasakan sembelit, tinja berbau tak sedap, dan/atau keletihan.

Para peneliti Jepang menjelaskan bahwa hal ini kemungkinan besar karena menggosok lidah bisa meningkatkan indra perasa sehingga mereka lebih puas dengan apa yang mereka konsumsi sehingga tak berlebihan makan. Hal ini mencegah penumpukan makanan yang tidak tercerna dan mengganggu pencernaan.

Tentu saja, studi tersebut perlu dikaji lebih jauh. Selain hanya melibatkan sedikit partisipan, perlu studi dengan durasi lebih lama untuk membenarkan klaim manfaat gosok lidah terhadap pencernaan ini.

Itulah beberapa potensi manfaat menggosok lidah secara rutin untuk kesehatan rongga mulut dan tubuh secara keseluruhan. Sementara beberapa klaim perlu dicari tahu lebih lanjut, menggosok lidah merupakan bagian dari gaya hidup sehat. Jadi, jangan ragu untuk membiasakannya, ya!

(Sumber: IDNTimes) 

Sikat Gigi Membersihkan Lidah Gosok Lidah Tongue Scraper manfaat membersihkan Lidah


Loading...