Tips Memilih Bumbu Nasi Kuning Instan yang Wajib Kamu Coba

Tips Memilih Bumbu Nasi Kuning Instan yang Wajib Kamu Coba
Ilustrasi (Kompas.com : Google)
Editor: Epenz Kuliner —Kamis, 27 April 2023 15:40 WIB

Terasjabar.id -- Salah satu masakan khas Indonesia yang memiliki tingkat kesulitan cukup yaitu olahan nasi kuning. Hal tersebut dikarenakan, sang koki haruslah membuat bumbu untuk membuat nasi berubah menjadi warna kuning saat sebelum dikukus.

Tetapi, di era yang semakin modern seperti sekarang ini membuat nasi kuning dapat lebih mudah untuk dilakukan berkat adanya bumbu nasi kuning instan yang banyak dijual di pasaran.

Kamu mungkin saja akan merasa kebingungan karena sangking banyaknya pilihan bumbu nasi kuning instan. Yuk, cek apa saja sih tips-tips untuk memilih bumbu nasi kuning instan yang tepat untuk masakanmu: 

1. Cek bahan yang belum termasuk

Kadang kala ada saja produk bumbu instan yang hanya diisi oleh bahan-bahan padat saja. Hal tersebut membuat kamu butuh untuk menambahkan bahan-bahan tambahan lainnya, seperti daun salam dan juga santan.

Pada bagian tersebut juga harus diperhatikan agar menu nasi kuning olahanmu menjadi sempurna. Biasanya sejumlah produk akan menyebutkan bahan-bahan apa saja sudah terkandung di dalamnya serta bahan yang perlu ditambahkan.

2. Takaran penyajian

Takaran penyajian akan berbeda-beda pada setiap produk bumbu nasi kuning instan. Biasanya, di dalam satu kemasan dapat disajikan untuk 3 sampai 5 orang tergantung dengan ukurannya. Informasi ini juga bisa menjadi acuan untuk kamu ketika akan memasak nasi kuning.

Jadi, kamu tidak perlu memakai terlalu banyak ataupun malah kurang ketika akan menggunakan bumbu kemasannya.

3. Pilih komposisi rempah asli

Mungkin bagi sebagian orang pada akhirnya enggan untuk memilih produk instan dan tetap kembali bertahan pada bahan-bahan alami. Namun, hal tersebut tidak usah dikhawatirkan lagi sekarang.

Hal tersebut dikarenakan, terdapat sejumlah produk bumbu nasi kuning instan yang memakai bahan alami juga di dalamnya. Kamu dapat melihatnya pada bagian belakang kemasan, kok.

4.Hindari bumbu dengan pewarna buatan

Kunyit merupakan bahan baku utama untuk membuat bumbu nasi kuning. Rempah yang satu ini juga mempunyai aroma dan cita rasa yang khas di dalamnya.

Biasanya, produk bumbu nasi kuning instan yang enak memakai rempah kunyit alami di dalamnya. Cek kembali dengan teliti komposisinya sebelum membeli, ya.


Nah, itulah tadi beberapa tips memilih bumbu kuning instan yang bisa kamu terapkan saat akan memasak nasi kuning, semoga bermanfaat ya.

Disadur dari Yoursay.id

Nasi Kuning Tips Bahan - Bahan


Loading...