Berikut Beberapa Manfaat Cincau Hitam bagi Kesehatan Tubuh

Berikut Beberapa Manfaat Cincau Hitam bagi Kesehatan Tubuh
Ilustrasi (Merdeka.com : Google)
Editor: Epenz Teras Health —Rabu, 26 April 2023 14:40 WIB

Terasjabar.id -- Cincau hitam saat ini menjadi salah satu minuman yang banyak digemari masyarakat karena rasanya yang menyegarkan.

Selain enak, tahukah kalian bahwa cincau hitam memiliki segudang manfaat untuk kesehatan? Dilansir dari sehatq.com berikut adalah 6 manfaat cincau hitam bagi kesehatan tubuh.

1. Membantu melawan bakteri dalam tubuh

Cincau hitam diketahui menjadi sumber antioksidan alami yang sangat baik untuk kesehatan.

Berkat tingginya kandungan fitonutrien dan antioksidan dalam cincau hitam, mengonsumsi cincau akan membantu tubuh dalam melawan bakteri penyebab penyakit.

2. Melancarkan sistem pncernaan

Cincau hitam mengandung serat dan flavonoid, kandungan ini berguna untuk melancarkan pencernaan dan menjaga kesehatan sistem pencernaan dalam tubuh

Selain itu, cincau hitam juga mampu mengatasi beberapa masalah kesehatan pencernaan seperti mencegah diare dan mencegah sariawan.

3. Menurunkan risiko diabetes

Diketahui bahwa cincau hitam bermanfaat untuk melindungi sel-sel beta di pankreas yang tugasnya untuk memproduksi insulin.

Dengan begitu, gula darah akan lebih stabil serta menurunkan risiko terkena penyakit dibetes tipe 2.

4. Meningkatkan imunitas tubuh

Tahukah kalian jika cincau hitam sering dimanfaatkan sebagai suplemen tambahan untuk meningkatkan daya tahan tubuh?

Hal ini berkat tingginya kandungan antioksidan yang terdapat dalam cincau hitam. Nah, bagi kalian yang sedang flu, atau kurang enak badan, mengonsumsi cincau hitam akan membuat tubuh kalian lebih kuat dalam melawan penyakit sehingga akan mempercepat proses penyembuhan.

5. Mencegah kanker

Cincau hitam juga mengandung isokandrodendrin dan alkaloids bisbenzilsokuinolin. Kedua kandungan ini bermanfaat untuk membantu mencegah kanker ginjal.

Selain itu, cincau hitam juga diketahui memiliki khasiat untuk mencegah inflamasi atau peradangan pada tubuh.

6. Menjaga berat badan tetap ideal

Karena cincau hitam tidak mengandung kalori dan gula, maka cincau hitam bisa dijadikan pilihan bagi seseorang yang sedang menjalani program diet, atau sekadar menjaga berat badan.

Hal yang perlu diperhatikan adalah jangan menambahkan gula dalam minuman ini. Karena jika diberi pemanis tambahan maka akan menyebabkan gula darah naik.

Nah, itulah 6 manfaat cincau hitam bagi kesehatan tubuh, semoga bermanfaat.

Disadur dari Yoursay.id 

Cincau Hitam Minuman Manfaat


Loading...