Berikut Beberapa Makanan Penurun Kolesterol dengan Rasa Enak

Berikut Beberapa Makanan Penurun Kolesterol dengan Rasa Enak
Ilustrasi (Halodoc : Google)
Editor: Epenz Teras Health —Rabu, 26 April 2023 10:46 WIB

Terasjabar.id - Masalah kesehatan yang kerap ditakutkan setelah lebaran adalah kolesterol yang naik. Setelahnya, makanan penurun kolesterol biasanya banyak dicari untuk mengimbangi konsumsi daging olahan selama masa lebaran. Daging olahan seperti opor ayam memang dikenal sebagai makanan yang dapat meningkatkan kolesterol. 

Kolesterol adalah lemak yang diproduksi oleh tubuh, dan juga berasal dari makanan hewani. Kolesterol sebenarnya membantu memproduksi vitamin D dan asam empedu untuk mencerna lemak, kolesterol juga dibutuhkan tubuh dalam membantu membangun sel-sel baru agar tubuh berfungsi secara normal. Namun, dalam kadar berlebihan, kolesterol justru memicu penyakit jantung dan stroke. 


Setelah menikmati santapan Lebaran yang penuh lemak, berikut adalah sepuluh makanan yang direkomendasikan dapat menurunkan kolesterol. 

1. Kacang-Kacangan

Konsumsi kacang-kacangan bisa menjadi alternatif menarik untuk membantu menurunkan kolesterol. Menjadi salah satu camilan sehat, kandungan vitamin, serat, antioksidan, dan asam lemak Omega-3 sangat baik untuk membantu menjaga tekanan darah dan menurunkan resiko serangan jantung.

2. Sayuran Hijau

Selanjutnya adalah sayuran hijau. Dikenal luas sebagai makanan sehat dan sumber berbagai nutrisi penting yang diperlukan tubuh, kandungan antioksidan dan serat didalamnya menjadi yang paling masif berdampak pada penurunan kadar kolesterol jahat.

3. Minyak Zaitun

Minyak zaitun merupakan sumber lemak tak jenuh tunggal yang bisa membantu menurunkan kolesterol tinggi. Di sisi lain, minyak ini juga dapat membantu mengurangi inflamasi pada arteri. Dengan kandungan polifenol yang tinggi, kadar kolesterol baik bisa meningkat.

4. Salmon dan Tuna

Ikan salmon dan ikan tuna menjadi makanan selanjutnya yang dapat membantu menurunkan kolesterol. Kaya akan kandungan Omega-3, kedua ikan ini memiliki rasa lezat dan khasiat yang baik untuk penderita kolesterol tinggi.

5. Buah Apel

Apel menjadi salah satu buah yang direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh penderita kolesterol tinggi. Terdapat zat pektin di bagian kulit dan daging apel yang merupakan serat larut yang dapat menurunkan kolesterol di dalam tubuh.

6. Bawang Bombay

Biasa menjadi tambahan dalam masakan, nyatanya bawang bombay juga baik untuk membantu menurunkan kadar kolesterol. Hal ini berkat adanya kandungan flavonoid yang dikenal sebagai quercetin, yang bertindak sebagai antioksidan.

7. Cokelat Hitam

Kandungan yang paling bermanfaat dari makanan ini adalah zat anti inflamasi dan antioksidan. Meski demikian, konsumsinya tetap harus dibatasi sebab cokelat masuk dalam kategori makanan tinggi kalori.

8. Oatmeal

Semangkuk oatmeal akan jadi menu sarapan tepat untuk penderita kolesterol tinggi. Setidaknya porsi ini dapat membantu mencukupi kebutuhan serat harian. Jika ingin lebih efektif, Anda bisa menambahkan pisang atau stroberi sebagai penambah citarasa dan kandungan serat.

9. Alpukat

Konsumsi alpukat bisa menjadi pilihan terbaik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Kandungan lemak tak jenuh tunggal, serat, serta nutrisi fitosterol dan polifenol jadi kunci nya.

10. Beri

Terakhir adalah berbagai jenis buah beri. Kandungan polifenol yang tinggi bisa menjadi antioksidan alami, sehingga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Pada waktu yang sama, konsumsi berbagai jenis beri secara rutin juga mampu menurunkan kadar gula darah.


Disadur dari Suara.com 

kolesterol Lebaran Kesehatan Makanan


Loading...