Berikut Beberapa Manfaat Tomat untuk Kesehatan Tubuh

Berikut Beberapa Manfaat Tomat untuk Kesehatan Tubuh
Ilustrasi (Kompas.com : Google)
Editor: Epenz Teras Health —Selasa, 25 April 2023 15:28 WIB

Terasjabar.id -- Tomat adalah salah satu jenis buah yang secara luas dianggap sebagai sayuran dan sering diolah menjadi berbagai macam jenis masakan.

Jika dimakan secara langsung, buah ini memang rasanya tidak enak. Meski demikian, buah ini memiliki beragam manfaat untuk kesehatan.

Melansir dari hellosehat.com berikut adalah 5 manfaat tomat untuk kesehatan tubuh.

1. Menjaga kesehatan mata

Seperti wortel, tomat juga mengandung beta-karoten yang berperan untuk menjaga kesehatan mata.

Kandungan beta-karoten, likopen, dan lutenin merupakan antioksidan yang terdapat dalam buah ini dan berkhasiat untuk menjaga kesehatan mata serta melindungi terjadinya kerusakan mata.

2. Menjaga kesehatan kulit

Belum banyak orang yang tahu bahwa tomat memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa kombinasi pasta tomat dan minyak zaitun dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Selain itu, kombinasi keduanya akan membantu meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh. Kolagen memiliki peranan yang cukup penting dalam pertumbuhan kulit, rambut, dan kuku.

Kandungan vitamin C dalam buah ini juga turut berperan dalam pembentukan kolagen dalam tubuh.

3. Menjaga kesehatan jantung

Mengkonsumsi buah tomat akan membantu mengurangi risiko terkena penyakit jantung berkat adanya kandungan likopen dalam buah ini.

Selain itu, kandungan likopen dalam tomat juga berkhasiat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat.

4. Melancarkan sistem pencernaan

Diketahui juga bahwa buah tomat memiliki manfaat yang cukup baik untuk menjaga kesehatan pada sistem pencernaan. Hal ini berkat adanya kandungan air dan serat dalam tomat.

Selain melancarkan sistem pencernaan dan bisa mengatasi sembelit, buah ini juga bermanfaat untuk mencegah diare.

5. Mencegah kanker

Buah tomat juga menjadi sumber vitamin C dan antioksidan yang cukup bagus. Berbagai macam jenis nutrisi dalam buah tomat berkhasiat untuk melawan pembentukan radikal bebas penyebab kanker.

Kandungan beta-karoten dalam buah ini juga memiliki manfaat untuk mencegah pembentukan tumor pada penderita kanker prostat.

6. Meningkatkan kesehatan ibu hamil

Bagi ibu yang sedang mengandung, alangkah baiknya untuk banyak-banyak mengkonsumsi buah tomat. Hal ini dikarenakan adanya kandungan folat dalam tomat yang sangat baik untuk masa kehamilan.

Itulah 6 manfaat tomat bagi kesehatan, semoga bermanfaat.



Disadur dari Yoursay.id 

Tomat Sayuran Kesehatan Tubuh


Loading...