Berikut Beberapa Manfaat Daging Ayam untuk Kesehatan

Berikut Beberapa Manfaat Daging Ayam untuk Kesehatan
Ilustrasi (Lifestyle Okezone : Google)
Editor: Epenz Teras Health —Selasa, 25 April 2023 15:14 WIB

Terasjabar.id -- Salah satu sajian khas lebaran yang sering ditemui di Indonesia adalah opor ayam. Makanan yang berbahan dasar daging ayam yang dibumbui bermacam-macam rempah dan santan ini memang memiliki cita rasa yang sangat enak.

Opor ayam biasanya disajikan bersama ketupat dan berbagai hidangan khas lebaran lainnya. Tak hanya itu, opor ayam saat lebaran juga biasanya dimasak dalam jumlah besar untuk disantap bersama keluarga. 

Tak hanya lezat, opor ayam juga memiliki manfaat kesehatan apabila dikonsumsi dalam jumlah yang pas. Salah satu sumber manfaat dalam opor ayam adalah daging ayam. Melansir dari laman hellosehat.com, ada beberapa manfaat daging ayam untuk kesehatan yang perlu kamu tahu.

1. Baik untuk Jantung

Salah satu manfaat daging ayam ialah baik untuk jantung. Hal ini dikarenakan dalam daging ayam terkandung protein yang cukup tinggi. Protein dalam daging ayam bermanfaat untuk mengurangi risiko gagal jantung, stroke, dan jantung koroner.

Selain itu, dalam daging ayam juga mengandung lemak jenuh yang lebih rendah dibandingkan dengan daging merah lain seperti daging sapi dan domba. 

2. Meningkatkan Kepadatan Tulang

Protein yang terdapat dalam daging ayam bermanfaat untuk meningkatkan kepadatan tulang. Protein sendiri diperlukan tubuh untuk membantu penyerapan kalsium menjadi lebih maksimal.

Mengonsumsi daging ayam dalam jumlah yang cukup dapat membantu memenuhi kebutuhan protein tubuh. Daging ayam juga sangat baik untuk mencegah pengeroposan tulang atau osteoporosis. 

3. Mengontrol Berat Badan

Daging ayam menjadi salah satu menu sehat bagi orang-orang yang sedang menjalani program diet. Meskipun memiliki protein yang tinggi, daging ayam ternyata masuk ke dalam makanan yang rendah kalori, terutama daging bagian dada.

4. Meningkatkan Imunitas

Daging ayam menjadi salah satu makanan yang bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Daging ayam yang biasa diolah menjadi sup ayam ternyata memiliki sifat antiinflamasi yang bermanfaat untuk mengurangi gangguan kesehatan seperti flu, batuk, pilek dan gangguan pernafasan yang lain. 

Nah, itu dia beberapa manfaat daging ayam untuk kesehatan yang wajib kamu ketahui. Meskipun begitu, tetap perhatikan cara pengolahan daging ayam yang baik agar manfaatnya tidak hilang, ya

Disadur dari Yoursay.id

Manfaat Kesehatan Daging Ayam Lebaran


Loading...