Tempe Goreng Menjadi Makanan Vegan Terenak di Dunia

Tempe Goreng Menjadi Makanan Vegan Terenak di Dunia
Ilustrasi (Cookpad.com : Google)
Editor: Epenz Kuliner —Senin, 24 April 2023 11:00 WIB

Terasjabar.id -- KULINER Indonesia kembali mendapatkan predikat kuliner terenak di dunia. Kali ini, predikat itu didapatkan oleh tempe goreng oleh Taste Atlas, selaku ensiklopedia makanan dunia.

Tempe goreng dari Indonesia dinobatkan jadi makanan vegan terenak sedunia. Tempe berada di deretan nomor 4 dari 50 daftar makanan vegan terenak di dunia. Posisi nomor satu ditempati menu bernama Zeytoon parvardeh asli Iran.

Kemudian, posisi nomor dua diisi oleh menu bernama Guacamole asal Meksiko, dan posisi ketiga ada Muhammara dari Suriah. Bertengger di posisi keempat, tempe goreng asli Indonesia mengalahkan beberapa menu populer di dunia. Misalnya saja spaghetti aglio e olio asal Italia, Hummus dari Timur Tengah, hingga Avocado Toast dari Amerika Serikat.

Kabar membanggakan ini pun viral di Twitter. Lebih dari 1,5 juta orang sudah melihat informasi ini dan lebih dari 1,4 ribu netizen menyukainya. Masuknya menu tempe goreng sebagai makanan vegan terenak sedunia membuktikan sekali lagi bahwa makanan Indonesia memang tidak ada duanya.

Tidak heran juga kalau Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno begitu semangat untuk mengusulkan tempe menjadi warisan budaya dunia UNESCO.

Dengan diusulkannya tempe goreng sebagai warisan budaya dunia UNESCO, Sandiaga berharap bahwa kesejahteraan pelaku ekonomi kuliner berbahan dasar tempe dan juga petani kedelai akan meningkat.

Sekaligus mendeklarasikan bahwa tempe memang makanan yang lezat dan patut mendunia. "Memang tempe gak ada lawan," kata Sandiaga Uno beberapa waktu lalu.

Disadur dari Okezone.com 

Kuliner Indonesia Makanan Vegan Ensiklopedia Makanan Indonesia


Loading...